Di Kritik Soal Kunker, Ini Jawaban Abdullah Saleh Soal Kunjungan ke Luar Negeri

ACEHTREND.CO, Amerika – Menjawab berbagai tudingan dan keraguan beberapa pihak terhadap hasil kunjungan beberapa komisi DPRA keluar Negeri, maka Ketua Komisi I DPRA Abdullah Saleh melalui surat elektroniknya kepada aceHTrend mengatakan bahwa kunjungan mereka ke Amerika Serikat yang difasilitasi oleh Mr. Brook William Rose, dari Founder & Manager Indonesian Education Patnership bertujuan mengadakan pertemuan dengan Kampus maupun otoritas lainnya di USA.

Salah satunya adalah kunjungan ke University of Rhode Island (URI), pada hari Selasa, (26/7/ 2016). Dalam kunjungan kali ini pihak URI menawarkan kerjasama serius di bidang kelautan, hukum dan perikanan dengan Aceh kepada Komisi 1 DPR Aceh.

Pada pertemuan tersebut Komisi I DPRA diterima oleh Wakil Rektor URI, Laura dan Ketua Program Kemitraan dan kerjasama Internasional URI Ninci Stricklyn serta Dekan Faculty of enviroment and life sciences Prof. John Kirby.

Pertemuan yang berlangsung dalam suasana kekeluargaan itu, kedua belah pihak berkomitmen membangun kerjasama yang lebih konkrit antara Aceh dan Rhode Island University terkait issue hukum laut, perikanan/kelautan termasuk pendidikan S2, S3 dan kerjasama riset serta pendidikan jangka pendek tentang issue-issue tertentu dengan Aceh seperti Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh.

Rhode Island University merupakan salah satu kampus di USA yang dikenal memiliki keunggulan dan keahlian di bidang keluatan dan perikanan, bahkan sampai saat ini, Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia (KKP) Susi Pujiastuti telah mengirimkan puluhan staf kementerian KKP untuk melanjutkan Pendidikan S2 dan S3 di sana.

Ketua Komisi I DPRA Tgk.H. Abdullah Saleh, SH, mengatakan kesempatan ini tentu sangat bagus untuk dimanfaatkan oleh Pemerintah Aceh dan generasi muda Aceh saat ini dan di masa mendatang. Untuk itu menurut Abdullah Saleh, pihak URI mengatakan akan mengirimkan timnya ke Aceh pada bulan Oktober 2016 ini.

“Alhamdulillah, komisi I menyambut baik rencana tersebut dan kami akan berkerjasama dengan dengan Unimal dan UTU karena 2 Universitas di Aceh ini memiliki misi terkait perikanan dan maritim,” ujar Abdullah Saleh kepada acehtrend langsung dari Rhode Island Amerika Serikat.

Pertemuan dengan Rhode Island University itu di akhiri dengan saling tukar cenderamata dan surat permohonan kerjasamasa dari Prof. Apridar, Rektor Unimal yang ditujukan kepada Rektor Universitas Rhode Island.[]

KOMENTAR FACEBOOK