Komisi VI DPRA Kunjungi RS Fauziah Bireuen

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Komisi VI DPRA, Jumat (29/7/2016) berkunjung ke RSUD Fauziah, Bireuen dalam rangka membahas pengembangan rumah sakit tersebut. Hasil pertemuan itu ditemukan sejumlah persoalan, seperti keterbatasan layanan, fasilitas yang belum memadai dan penundaan pembangunan karena masih menunggu tindak lanjut pelaksanaan pembangunan rumah sakit regional.

Dalam kesempatan itu, Direktur RS Fauziah, Mukhtar Mars mengatakan, sebagai rumah sakit tipe B, Fauziah masih perlu banyak pembenahan. Pembangunan yang sudah dilakukan mencapai 50%. Kondisinya terus dibangun sesuai dana yang tersedia.

Sebagai rumah sakit pendidikan, selama ini pihaknya juga terus mengupgrade calon tenaga kesehatan diploma dan calon sarjana strata satu. Kemudian juga bekerja sama dengan UI spesialis urologi.

“Dengan segala keterbatasan kami mencoba terus memberikan pelayanan terbaik. Masih banyak kendala karena keterbatasan ruangan dan tenaga kesehatan. Sedangkan alat kesehatan sudah memadai. Hanya terkendala ruangan saja,” ucapnya.

Dia juga menjelaskan sejauh ini, Fauziah memiliki 30 dokter spesialis dengan 13 jenis layanan. Jumlah tempat tidur 351 bed.

“Kami Mengharapkan agar rumah sakit regional ini bisa terwujud di Bireun dalam waktu yang tidak lama lagi, karena kebutuhan masyarakat yang sangat mendesak untuk pelayanan, “Katanya.

Sementara itu, Nuraini Maria, anggota Komisi VI DPRA mengharapkan agar adanya
Beasiswa bagi tenaga spesialis untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit, serta menyiapkan perlindungan untuk tenaga medis mengingat banyaknya kasus dimana masyarakat menggugat tenaga medis.

Padahal tidak ada seorang dokter dengan sengaja untuk membunuh pasien,
Jika ada persoalan tenaga medis maka dapat selesaikan dengan cepat agar tidak berkembang menjadi isu yang membuat tidak nyaman,” kata Nuraini.

Dalam kesempatan itu, Darwati A Gani mempertanyakan pelayanan BPJS , mengingat akhir akhir ini banyak permasalahan terhadap pelayanan asuransi itu.

Pada pertemuan tersebut, Pemda Bireuen yang diwakili oleh Sekda,Ir. Zulkifli, SP,mengatakan pemerintah akan berusaha maksimal untuk membenahi layanan dan mutu RS Fauziah.