Ini Kata Ketua Komisi IV tentang Laut dan Ikan Aceh

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Aceh memiliki laut yang strategis dan kaya akan ikan. Jadi, perlu didukung agar lebih memberi manfaat bagi Aceh. Untuk itu, pelabuhan ikan Lampulo perlu diperbaiki dan dinas kelautan dan perikanan Aceh perlu aktif menjemput bola ke Pusat.

Hal itu dikatakan Ketua Komisi IV, Edhy Prabowo di lokasi Pelabuhan Lampulo, Selasa (2/8/2016)

“Aceh itu punya laut yang sangat strategis dan besar, serta punya sumber daya ikan yang sangat besar. Tinggal bagaimana semua itu dikemas dan dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata politisi dari Gerindra itu.

Untuk itu, Edhy mengapresiasi upaya pemerintah daerah dan pemerintah pusat yang telah membangun pelabuhan Lampulo, dari yang biasa saja menjadi pelabuhan dengan perputaran uang 1 milyar lebih perhari.

“Ini kemajuan, dan perlu kita dorong lagi,” tambahnya.

Menurut Edhy, ia sudah menerima masukan-masukan terkait pengoptimalan pelabuhan Lampulo, seperti perlu memperbaiki kolam pendaratan agar lebih dalam lagi, perbaikan pemecah ombak, dan IT.

“Usulannya sudah kita terima dan tampung,” kata Edhy.

Ketua Komisi IV itu mengakui kalau ia telah melakukan tes terhadap IT, dan ternyata tidak berfungsi. “Untuk apa pelabuhan perikanan samudera jika alat kontrolnya tidak ontime, dan ini harus kita perbaiki” kritiknya.

Dalam kunjungannya di Pelabuhan Perikanan Lampulo itu, Ketua Komisi IV langsung didampingi oleh Direktur Jenderal Perikanan Budidaya (Dirjen PB),Slamet Soebjakto.

“Beliau ini paling aktif di KKP dan beliau sudah melihat langsung, insya Allah kita sikapi bersama,” janji Eddy.

Eddy juga menerima masukan dari nelayan dan pedagang agar dibuat shalter untuk menjaga kualitas ikan.

“Mereka butuh shalter agar ikan dari pendaratan tidak kena matahari sehingga kualitas ikan terjaga, dan itu sudah kita tampung. Bahkan masukan agar disediakan alat proses ikan sehingga tidak dibawa ketempat lain juga kita tampung,” terang Edhy.

Untuk itu, Ketua Komisi IV itu mengingatkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh untuk aktif menindaklanjuti, dan tidak boleh menunggu. “Kami pasti akan memperhatikan sesuai dengan kapasitas yang ada,” pungkas Eddy Prabowo.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Diauddin yang ikut mendampingi sangat berharap dukungan dari Komisi IV DPR RI untuk perbaikan infrastruktur pelabuhan ikan samudera Lampulo yang dikelola oleh Pemerintah Daerah.

Komisi IV DPR RI yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi, Edhy Prabowo didampingi oleh Wakil Ketua Komisi Viva Yoga Mauladi melakukan kunjungan reses di Sidang ke V. Selain ke Aceh Komisi V juga berkunjung ke Kalimantan Utara dan Maluku Utara.

Kunjungan kerja Komisi IV DPR RI ke provinsi ujung paling barat Indonesia tersebut dalam rangka mengumpulkan data dan menggali informasi mengenai masalah pangan, pertanian, dan perikanan. [CIB]