Tim Unsyiah Bakti Sosial di Gayo Lues

ACEHTREND.CO, Gayo Lues – Tim dari Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menggelar Bakti Sosial (Baksos) Terintegrasi Gayo Lues dalam rangka milad Unsyiah ke-55. Baksos tersebut berlangsung sejak 10-14 Agustus 2016 tersebar di beberapa titik dalam kawasan Gayo Lues.

Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng mengatakan, baksos ini melibatkan seluruh fakultas di Unsyiah. Tim Unsyiah dari Banda Aceh sebanyak 260 orang. Ditambah dengan tim Unsyiah dari PDD Gayo Lues sebanyak 240 orang. Jadi, totalnya 500 orang akan ikut baksos terintegrasi. Setiap fakultas diberikan tanggung jawab untuk melaksanakan baksos sesuai dengan bidangnya. Misalnya, Fakultas Ekonomi bertugas untuk melatih soal pelaporan keuangan dengan berkoordinasi bersama Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Gayo Lues.

“Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) melaksanakan vaksinasi bekerja sama dengan Dinas Peternakan Gayo Lues. Ada juga penyuluhan narkoba dan Pilkada, serta perbaikan rumah ibadah. Selain itu, masih banyak aksi sosial lainnya yang dinilai berguna bagi masyarakat setempat,” kata Rektor Unsyiah.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara Unsyiah dengan Pemerintah Aceh. Kerja sama ini telah disepakati Gubernur Aceh, Dr. Zaini Abdullah dalam pertemuan dengan Tim Baksos Terintegrasi Unsyiah yang diwakili Pembantu Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Hubungan Masyarakat Unsyiah, Dr. Nazamuddin, S.E, M.A di Pendopo Gubernur Banda Aceh pada 28 Juli lalu. Dijadwalkan, Gubernur Aceh akan ikut bergabung dalam baksos pada 13 Agustus nanti.

“Sebelum itu, Tim Baksos Terintegrasi Unsyiah yang diketuai oleh dr. Mohd. Andalas, Sp.OG juga sudah melakukan survei ke lapangan didampingi Sekda Gayo Lues H Thalib. Jadi, selain Pemerintah Aceh, kegiatan ini juga dibantu oleh SKPK Gayo Lues dan didukung oleh bank BTN. Kami berharap kehadiran tim baksos Unsyiah ke Gayo Lues membuat kampus Jantong Hatee Rakyat Aceh ini semakin dekat dengan masyarakat,” sebutnya.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Baksos Terintegrasi Unsyiah, Dr. Nasrullah RCL, ST, MT menambahkan, baksos ini dinamakan terintegrasi karena melibatkan berbagai unsur ilmu dan elemen di Unsyiah serta pemerintah. Tim Unsyiah dari Banda Aceh dan Gayo Lues akan bergabung. Sebanyak 12 fakultas dilibatkan dalam baksos ini. Peserta baksos terdiri mulai dari rektor, pejabat, dekan, dosen, pegawai, BEM, UKM, dan mahasiswa Unsyiah.

“Selain itu, ada juga unsur SKPA dan SKPK Gayo Lues yang akan terlibat. Aksi sosial yang akan dilaksanakan sangat banyak. Selain yang sudah disebutkan Rektor Unsyiah, nantinya juga ada operasi penderita berbagai penyakit, penyuluhan bagi petani, pelatihan kepemimpinan, pertandingan olahraga persahabatan, sosialisasi zakat, dan lainnya. Direncanakan, malam Kamis, 10 Agustus 2016 tim baksos akan menggelar pertemuan dengan bupati dan SKPK setiba di Gayo Lues,” jelasnya.

Hari Keluarga Unsyiah
Setelah itu, lanjut Nasrullah, pada 21 Agustus 2016 akan ada Hari Keluarga Unsyiah yang berlangsung di Lapangan Tugu Kampus Darussalam. Ada 9 kegiatan yang akan digelar yaitu, jalan santai keluarga, tarik tambang, donor darah, bazar, lomba sepeda lambat, lomba masak, aneka permainan anak-anak, lomba pasang dasi, dan panggung hiburan.

“Agenda ini juga serangkaian dari bantuk peringatan milad Unsyiah yang ke-55. Kita berharap Unsyiah semakin dikenal dan akrab dengan masyarakat. Kegiatan ini didukung oleh Bank Aceh, Mandiri, BRI, BTN, BNI, dan Mandiri Syariah,” sebut Ketua Panitia Hari Keluarga Unsyiah tersebut. []

KOMENTAR FACEBOOK