[BULETIN] Citra Model Kota Madani Banda Aceh

Banda Aceh sebagai model kota madani adalah sebuah pilihan slogan yang dibentangkan pada sejarah periode ini. Pemilihan slogan seperti ini merupakan sebuah citra yang hendak dibangun tentang bagaimana arah yang hendak dicapai oleh Banda Aceh sebagai sebuah kota dari 98 kota yang ada di Indonesia.

Citra merupakan identifikasi dari tata kelola yang didesain secara sistematis untuk mewujudkan apa yang hendak diharapkan. Bila disebut nama suatu kota, maka yang terbayang adalah citranya yang dimaksudkan itu. Kota-kota diseluruh dunia memiliki kekhasan citra tersendiri, sekaligus menjadikannya suatu posisi tertentu yang berbe- da dengan kota lainnya. Sebut saja seperti Paris misalnya di Perancis, kota ini dikenal sebagai kota paling romantis sedunia dengan menara Eiffelnya sebagai simbol utama kota.

Lain halnya dengan kota Amsterdam di Belanda yang juga memiliki kekhasan dengan sebutan sin city (kota dosa) dengan tersedianya red light district (kawasan yang memiliki bisnis pelacuran) dan coffee shop (tempat menikmati ganja). Citra Paris yang ditonjolkan adalah romantisme yang positif, sementara Amsterdam terlihat dengan citra negatif (dalam perspektif budaya timur). Begitulah citra telah memben- tuk suatu persepsi tentang keberadaaan suatu kota.

Selengkapnya klik Buletin Aceh Politika

KOMENTAR FACEBOOK