Besok, KIP buka pendaftaran Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh

pendaftaran bakal calon gubernur aceh dan wakil gubernur Aceh

Acehtrend.co, Banda Aceh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh besok resmi akan membuka pendaftaran bagi Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017.

Dalam pengumumannya, Ketua KIP Aceh Ridwan Hadi menyatakan pihaknya akan mulai menerima pendaftaran para bakal calon mulai besok (21 s.d 23 September 2016), yang bertempat di Kantor KIP Aceh. Jl. T. Nyak Arief, Komplek Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh di Banda Aceh.

Berikut pengumuman lengkap dari KIP Aceh:

—————————————————-

KOMISI INDEPENDEN PEMILIHAN ACEH

PENGUMUMAN

Nomor : 18/KIP-Aceh/IX/2016

TENTANG

PENDAFTARAN BAKAL PASANGAN CALON GUBERNUR DA

WAKIL GUBERNUR ACEH TAHUN 2017

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, dan Keputusan Komisi Independen Pemilihan Aceh Nomor 12 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Keputusan Komisi Independen Pemilihan Aceh Nomor 1 Tahun 2016 tentang Tahapan, Program  dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh Tahun 2017 serta Keputusan Komisi Independen Pemilihan Aceh Nomor 19/Kpts/KIP Aceh/TAHUN 2016 tentang Tentang Pedoman Teknis Pencalonan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Aceh Tahun 2017, dengan ini KIP Aceh memberitahukan kepada Partai Politik Tingkat Provinsi, dan Bakal Pasangan Calon Perseorangan, bahwa KIP Aceh membuka Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh Tahun 2017, dengan ketentuan sebagai berikut :

Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh, pada :

Tanggal : 21 s.d 23 September 2016

Waktu: Pukul 09.00 s.d 16.00 WIB

Tempat: Kantor KIP Aceh. Jl. T. Nyak Arief, Komplek Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh, Banda Aceh.

Dalam pengajuan bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh Tahun 2017, Partai politik atau Gabungan Partai Politik wajib memenuhi syarat minimal perolehan kursi dan syarat minimal perolehan suara sah sesuai dengan Keputusan Komisi Independen Pemilihan Aceh Nomor 18/Kpts/KIP Aceh/TAHUN 2016 tentang Jumlah Kursi atau Suara Sah Partai Politik atau Gabungan Partai Politik dalam pengajuan Bakal Pasangan Calon pada Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Aceh Tahun 2017, yaitu :

Partai Politik atau Gabungan Partai Politik :

Syarat minimal perolehan kursi sekurang-kurangnya 15% (lima belas persen) dari jumlah kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh Tahun 2014 atau 15% (lima belas persen) dikalikan 81 (delapan puluh satu) kursi, yaitu sekurang-kurangnya 13 (tiga belas) kursi.

Syarat Minimal perolehan suara sah sekurang-kurangnya 15% (lima belas persen) dari akumulasi perolehan suara sah dalam Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh Tahun 2014 atau 15% (lima belas persen) dikalikan 2.399.161 (dua juta tiga ratus sembilan puluh sembilan ribu seratus enam puluh satu) suara sah, yaitu sekurang-kurangnya 359.875 (tiga ratus lima puluh sembilan ribu delapan ratus tujuh puluh lima) suara sah.

Perseorangan :

Syarat dukungan sekurang-kurangnya 3% (tiga persen) dari jumlah penduduk yaitu 153.045 (seratus lima puluh tiga ribu empat puluh lima) jiwa.

Jumlah dukungan tersebar minimal 50% (lima puluh persen) dari jumlah Kabupaten/Kota di Aceh yaitu sekurang-kurangnya 12 (dua belas) Kabupaten/Kota.

Pendaftaran bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur wajib dihadiri bakal pasangan calon dan partai politik dengan menyampaikan dokumen persyaratan pencalonan serta dokumen syarat bakal pasangan calon dalam bentuk hardcopy dan softcopy.

Softcopy dokumen bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur sebagaimana tersebut angka 3 di atas di unggah ke aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON) Pilkada 2017;

Untuk mengakses aplikasi SILON sebagaimana tersebut angka 4 di atas, Bakal Pasangan Calon yang diusulkan oleh Partai Politik atau Gabungan Partai Politik, yang dilakukan oleh tim Bakal Pasangan Calon atau Partai Politik atau Gabungan Partai Politik dengan terlebih dahulu meminta username dan password kepada KIP Aceh sejak pengumuman pendaftaran Bakal Pasangan Calon dengan menyerahkan surat mandat.

Penggunakan aplikasi SILON oleh Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur mempedomani manual penggunaan apilkasi SILON yang dapat diperoleh dari website KPU;

Dokumen persyaratan pencalonan dan persyaratan calon, dimasukkan ke dalam map dan ditulis dengan huruf kapital nama Pasangan Calon dan Partai Politik atau Gabungan Partai Politik, atau nama Bakal Pasangan Calon Perseorangan.

Surat pencalonan beserta dokumen administrasi Bakal Calon dibuat dalam 2 (dua) rangkap, meliputi:

1 (satu) rangkap asli; dan

1 (satu) rangkap salinan.

Pemenuhan persyaratan pencalonan dan syarat bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur berpedoman pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 5 Tahun 2016 tentang  Perubahan Kedua Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum  Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, dan Keputusan Komisi Independen Pemilihan Aceh Nomor 19/Kpts/KIP Aceh/TAHUN 2016 tentang Pedoman Teknis Pencalonan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Aceh Tahun 2017.

Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Sekretariat KIP Aceh, Jalan T. Nyak Arief, Komplek Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh. Telp. 0651-7552274, setiap hari kerja.

Demikian untuk dimaklumi.

Banda Aceh, 14 September 2016

KETUA KOMISI INDEPENDEN PEMILIHAN ACEH,

dto

RIDWAN HADI

KOMENTAR FACEBOOK