Kereta Api Aceh Kembali Beroperasi November Ini

kereta-api-aceh

AceHTrend.co, Lhoksukon – Kereta Api (KA) Aceh akan mulai dioperasikan kembali pada 1 November 2016 dengan Rute perintisnya yakni Krueng Geukuh, Kecamatan Dewantara- Krueng Mane, Kecamatan Muara Batu, dengan jarak 11,35 kilometer.

Kepala Seksi Lalulintas Sarana dan Keselamatan Perkeretaapian, Balai Teknis Perkeretaapian Sumbagut Iskandar, Selasa 20 September 2016, kepada wartawan aceHTrend.co mengatakan pihaknya telah memperbaiki beberapa sarana yang rusak, seperti memperbaiki bantalan rel, pemugaran stasiun dan hal yang lainnya.

“Mengapa dengan rute yang pendek ini kita operasikan, karena ini membuktikan bahwa Pemerintah Pusat memberikan perhatian yang lebih kepada masyarakat Aceh dan sudah mulai serius dalam melakukan pembangunan,” ujar Iskandar.

Iskandar menambahkan, mengenai jadwal waktu pengoperasian, maka pihaknya akan beroperasi kembali dengan Pemerintah Daerah, yang jelas pada bulan November mendatang jasa transpotasi itu sudah bisa dipergunakan oleh masyarakat.

Menurutnya, Kemeterian Perhubungan telah mengucurkan dana operasional sebesar Rp 17 miliar, yang dipergunakan untuk menghidupkan kembali kereta api di Aceh. Dana itu juga nantinya dipergunakan untuk perbaikan infrastruktur.

“Rutenya memang sangat pendek dengan jarak hanya 11,3 kilometer, tapi kita mulai dari sini, karena masih mempunyai jalur yang lama dan mudah untuk dibangun,” tutur Iskandar.

Pihaknya mempunyai target akan ada pembangunan kereta api Trans Sumatera, yang akan melayani penumpang mulai dari Banda Aceh sampai ke Besitang, Sumatera Utara. Tahap pengerjaannya sudah dimulai, yaitu melakukan tender dan pembebasan lahan.

Sebelumnya, pada tahun 2013 lalu kereta api dengan jurusan Krueng Geukuh, Bungkah dan Krueng Mane sempat beroperasi. Namun selang satu tahun kemudian jasa transpotasi itu mulai tidak aktif lagi.

KOMENTAR FACEBOOK