MPD Minta Masyarakat Tingkatkan Kontrol Pendidikan Di Aceh Barat

ACEHTREND. CO, Meulaboh – Kepala Sekretariat Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Muhammad Nasir, S.Pd, meminta peran aktif masyarakat terutama komite sekolah untuk meningkatkan fungsi kontrol terhadap keberlangsungan pendidikan di Aceh Barat. Hal itu disampaikannya, Selasa (27/9/2016) di sela-sela sosialisasi pendidikan Aceh Barat, di Aula Sekdakab Aceh Barat.

“Sosialisasi bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan persepsi masyarakat melalui komite sekolah, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Kegiatan ini berdasarkan keputusan menteri pendidikan nasional, Tentang peran serta masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan,” ujar Nasir.

Nasir mengatakan, peran orang tua, masyarakat, dan satuan komite sekolah masih belum maksimal dalam mengawasi proses pendidikan bagi anak-anak. Ia menilai, peran pengawasan dari komite masih bersifat individu (bergerak sendiri-sendiri).

Ke depan, kata Nasir, peran keluarga, komite sekolah diharapkan mampu menggerakkan masyarakat secara luas dalam mengawasi proses pendidikan, mulai dari tahap perancangan sampai pada realisasi di lapangan.

“Komite, pihak sekolah, guru-guru termasuk siswa yang tergabung dalam lembaga OSIS, mesti terlibat aktif, merangcang bagaimana sistem dalam suatu instasi pendidikan menjadi lebih baik,” harapnya.

Menurut Nasir, jika perhatian masyarakat luas terhadap kondisi pendidikan bisa dibangun, tentu masyarakat merasa prihatin jika ada masalah yang kiranya melenceng dari ketentuan, maka secara serentak masyarakat bisa menegur dan mengupayakan perbaikan demi kemaslahatan bersama.

“Jika ada anak-anak yang bolos sekolah, kadang masyarakat enggan menegur, takut orang tuanya marah. Padahal anak tersebut harus ditegur langsung, supaya si anak tidak mudah berbuat pelanggaran. Maka dari itu, untuk mengontrol¬† pendidikan perlu kesadaran dan keseragaman persepsi seluruh eleman masyarakat, termasuk pengusaha dan dunia industri,” jelasnya.

Pemateri sosialisasi yang melibatkan 160 peserta dari komite sekolah dan pengawas tersebut diisi oleh Kepala MPD Aceh Barat, Masrizal SE, MSi dan Ketua AKN Aceh Barat, Dr. Mursyidin Zakaria. Bertema, mari tingkatkan peran serta masyarakat dalam meujudkan mutu pendidikan di Aceh Barat. []