Hari Ini Enam Pasangan Cagub dan Cawagub Aceh Ikut uji baca Alquran

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Enam pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh hari ini mengikuti uji baca Alquran di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh yang mengikuti uji mampu baca Alquran pada hari ini, Rabu (28/9/2016) adalah pasangan Zaini Abdullah–Nasaruddin, Muzakkir Manaf–TA Khalid, Tarmizi Karim–Machsalmina, Zakaria Saman–T Alaidinsyah, Abdullah Puteh–Sayed Mustafa, serta pasangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah.

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Ridwan Hadi mengatakan bahwa pelaksanaan uji baca Alquran untuk kandidat kepala daerah di Aceh merupakan bagian tahapan Pilkada serentak 2017 setelah tes kesehatan, dan Aceh merupakan satu-satunya daerah di Indonesia yang melakukan uji baca Alquran.

Menurut Ridwan Hadi penilaian yang dilakukan pada uji baca Alquran adalah adab, kelancaran bacaan, dan tajwid. KIP Aceh sendiri telah menunjuk tim penguji dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) dan Kementerian Agama.

“Pasangan bakal calon yang dinyatakan lulus tahapan uji baca Alquran, apabila dapat mengumpulkan nilai minimal 50,” jelas Ridwan Hadi.

Ridwan Hadi menyebutkan Pada Pilkada Aceh 2017 ini ada 187 calon dari seluruh Aceh baik gubernur, bupati dan walikota akan mengikuti pemilihan kepala daerah di 20 kabupaten kota untuk calon bupati walikota serta gubernur.[]

KOMENTAR FACEBOOK