Auzir Fahlevi: KIP Jangan Buang Badan

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Tersendatnya langkah para calon kepala daerah untuk melakukan sengketa pemilihan karena tidak lolos uji kesehatan dinilai sebagai wujud buang badan atau cuci tangan KIP Aceh dan Kabupaten – Kota.

“Mestinya KIP Aceh dan kabupaten-kota langsung mengeluarkan surat keputusan terkait hasil pemeriksaan kesehatan, dan surat keputusan itu yang diberikan kepada calon baik yang lolos atau tidak lolos uji kesehatan,” jelas Auzir Fahlevi.

Politisi mantan aktivis itu menilai, yang menjadi objek sengketa adalah surat keputusan KIP Aceh dan kabupaten – kota terkait lulus tidaknya syarat kesehatan calon kepala daerah.

“Pada lampiran keputusan KIP Aceh Nom 28 Tahun 2016 di bagian terakhir disebutkan, hasil pemeriksaan kesehatan adalah pendapat tim medis dan itu menjadi bahan pertimbangan bagi KIP Aceh untuk mengeluarkan keputusan,” sebut Auzir.

“Jadi, KIP Aceh seharusnya langsung mengeluarkan surat keputusan resmi terkait uji kesehatan para calon kepala daerah sehingga itu menjadi dasar gugatan bagi calon yang tidak lulus, bukan dengan memberikan lampiran surat dari dokter yang menangani uji kesehatan,” tambah Auzir.

Karena sampai hari ini KIP Aceh dan kabupaten – kota tidak mengeluarkan surat keputusan sementara KiP Aceh sudah mengumumkan nama-nama calon yang tidak lulus uji kesehatan maka KIP Aceh secara tersirat hendak buang badan dan cuci tangan!

“KIP terindikasi buang badan dan cuci tangan, dan jangan salahkan jika muncul pandangan bahwa kandidat yang gugur karena alasan kesehatan tidak bisa bergerak kecuali dengan mencari pengganti, dan ini bisa saja dinilai sebagai bagian dari skenario melemahkan pasangan, dan atau persaingan antar kandidat, jadi KIP jangan buang badanlah,” pungkas Auzir. []

KOMENTAR FACEBOOK