Terkait Pilkada Damai, LSM Beri Rekomendasi Untuk Panwaslih Aceh Dan Bawaslu RI

Sekjend Forum LSM Aceh Sudirman, bersama pimpinan Bawaslu RI Nelson Simanjuntak dan Komisioner Panwaslih Aceh Irhamsyah, saat penyerahan rekomendasi di Hermes Hotel Banda Aceh. Foto Fauzi/aceHtrend

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Sejumlah LSM dan Ormas di Aceh meminta Bawaslu RI dan Panwaslih Aceh dapat memberikan jaminan bahwa setiap laporan yang masuk dari Ormas/OKP, LSM dan masyarakat dapat segera di tindak lanjuti.

Hal tersebut merupakan salah satu point penting dari 3 butir rekomendasi yang disampaikan oleh pihak LSM dan Ormas kepada Bawaslu RI dan Panwaslih Aceh pada Selasa, (11/10/2016) saat acara FGD pengawasan partisipatif melalui pelatihan media massa dan ormas di Hermes Hotel, Banda Aceh.

Dokumen rekomendasi tersebut diserahkan secara langsung oleh Sekjend Forum LSM Aceh Sudirman mewakili pimpinan LSM dan Ormas kepada Komisioner Bawaslu RI Nelson Simanjuntak di dampingi komisioner Panwaslih Aceh Irhamsyah.

Menurut Sudirman, pada dua butir rekomendasi lainnya pihak organisasi masyarakat sipil tersebut meminta Panwaslih Aceh membuat media resmi untuk mengakomodasi ormas, masyarakat, dan LSM dalam memberikan pelaporan kepada Panwaslih Aceh, selain itu pihaknya berharap ormas dan LSM bisa menjadi partner Panwaslih dalam melakukan pengawasan Pilkada 2017 ini.

” Kami Berharap rekomendasi ini bisa di tindak lanjuti, bukan hanya sebagai rekomendasi yang tidak pernah di tindak lanjuti penyelesaiannya,” ujar Sudirman kepada aceHTrend.

Sudirman juga mengatakan bahwa idealnya semua kasus yang di laporkan oleh pihak LSM, ormas, dan masyarakat dapat segera di tindak lanjuti sampai penerbitan rekomendasi untuk penyelesaian kasus.

” Pengalaman pada beberapa Kasus selama Pilkada, pileg, dan pilpres lalu, kami mendapatkan kenyataan hampir semua kasus yang di laporkan oleh LSM tidak pernah di tindaklanjuti secara tuntas,” pungkas.[]

KOMENTAR FACEBOOK