Forum Alumni Protes Simbolisasi Yahudi di Kampus Ar-Raniry

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Memperhatikan, mengingat dan mendalami bahwa logo baru UIN Ar-Raniry, telah memicu kegelisahan publik, maka dengan ini kami Forum Alumni UIN Ar-Raniry, menyampaikan beberapa pokok pikiran sebagai berikut:

1. Logo baru UIN Ar-Raniry disinyalir publik identik dengan bintang david, sebuah simbol Yahudi. Lambang Negara Israel ini dikhawatirkan akan memicu kegelisahan masyarakat Aceh secara meluas.

2. Lahirnya logo baru kampus Ar-Raniry dinilai publik tanpa mempertimbangkan aspek historis, adat budaya dan nilai-nilai keislaman. Berharap perubahan logo tidak dipandang secara sepele. Logo mencerminkan visi misi, kebanggaan dan cita-cita rakyat Aceh.

3. Kami menilai logo dimaksud mencederai martabat akademik dan marwah rakyat Aceh. Sepertinya, sayembara logo dimaksud tidak partisipatif dan transparan. Bahkan, informasi yang kami terima sayembara tersebut tidak ada penglibatan publik terutama civitas akademika di internal kampus.

4. Sangat menyesalkan panitia dan dewan juri tidak peka dengan sejarah lahirnya kampus Ar-Raniry. Semangat Keacehan dan spirit Darussalam luput dari penilaian dewan juri. Untuk itu, dewan juri segera mempertimbangkan kembali logo tersebut. Kami minta agar dibatalkan dan dilakukan sayembara ulang.

5. Kami menuntut kesadaran pimpinan kampus terutama pihak rektorat segera urung rembuk. Tuntutan kami tegas “batalkan” logo tersebut . Ini beralasan agar tidak memunculkan kegaduhan publik secara meluas.

6. Kami juga mengkhawatirkan bakal muncul konflik laten di internal kampus. Jangan-jangan soal logo ini ada pihak yang bermain untuk tujuan tertentu. Karena itu, kami mengharapkan logo baru nantinya ada uji kelayakan publik dan melibatkan civitas akademika Ar-Raniry.

Demikian rekomendasi ini kami sampaikan demi kemajuan kampus yang kita cintai bersama.

Foum Alumni Eksekutif Ar-Raniry
Imam Juwaini (Juru Bicara)

KOMENTAR FACEBOOK