Minyak Nilam Aceh Nomor Satu di Dunia

ACEHTREND. CO, Banda Aceh – Minyak atsiri (minyak nilam, serai wangi, pala dan lain-lain) asal Aceh paling diincar oleh eksportir untuk dipasok ke pabrik-pabrik kosmetika ternama di Eropa. Seakan-akan produk kosmetika di dunia ini belum sempurna kalau tidak ada bahan baku atsiri asal Aceh.

Pengakuan itu diungkapkan oleh R.A. Ety, pengusaha ekspor atsiri dari Jakarta, di sela-sela Konferensi Nasional Minyak Atsiri di Hotel Hermes Palace yang digelar Bappeda Aceh, Rabu (19/10/2016).

“Nama Aceh sudah sangat melekat di kalangan pebisnis atsiri dunia, terutama untuk minyak nilam, pala, serai wangi dan cengkeh. Harga atsiri Aceh juga beda sekitar Rp. 50 ribu per kilogram dibanding produk yang sama dari daerah lain. Kalau nilam dari daerah lain harganya sekitar 530 ribu per kg sementara nilam Aceh bisa mencapai 575-600 ribu,” katanya.

“Parfum Bvlgari dan Aigner yang diproduksi Eropa dipastikan ada kandungan nilam asal Aceh. Saya patikan ada minyak nilam Aceh di dalamnya. Nah, kan tak wajar petani atsiri di Aceh miskin,” sambung perempuan bersuami Bireun, Shilahuddin SE.

“Tapi anehnya, Pemda tidak menggarap potensi ini secara maksimal untuk mensejahterakan petani sekaligus menggarap PAD. Saya bersedia menampung berapa pun banyaknya produk atsiri dari Aceh. Membawa nama Aceh itu sangat menguntungkan dalam bisnis ini,” sambung Ety didampingi suaminya.

RA. Ety mengaku biasa mengekspor 120 ton atsiri ke pabrik-pabrik kosmetik di Eropa. “Tapi hanya 30 persen yang berhasil saya dapatkan dari Aceh. Selebihnya dari Jawa dan Sulawesi. Padahal dari segi kualitas Aceh jauh beda,” katanya sembari berharap pada dinas terkait di Aceh agar menggarap anugerah Allah yang diberikan untuk Aceh ini. []

KOMENTAR FACEBOOK