Zainal Sabri: BARSELA Memberikan Sumbangan Besar Kepada Aceh

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Kawasan Barat Selatan Aceh memiliki berbagai potensi yang dapat memberikan sumbangan besar kepada provinsi Aceh, namun sejumlah potensi tersebut belum sepenuhnya diketahui dan bermanfaat bagi masyarakat di kawasan barat selatan.

Hal tersebut di sampaikan oleh Ketua Persatuan Barat Selatan Aceh (PBSA) Drs.H.Zainal Sabri, MM, dalam konferensi pers Rabu, (19/10/2016) yang diselenggarakan di Galeri Café, Simpang Lima, Banda Aceh.

Menurut Zainal Sabri, modal yang berupa kebudayaan, kerukunan, keteguhan, dan semangat untuk terus memajukan daerah Barat Selatan Aceh juga belum terorganisir dalam wadah yang kuat yang mampu merepresentasikan Barat Selatan, sehingga eksistensi daerah ini belum sepenuhnya dilihat sebagai sebuah kekuatan penting Aceh.

Atas dasar pemikiran tersebut 8 perwakilan dari kabupaten/kota di wilayah barat selatan menghimpun diri dalam suatu wadah yang diberi nama Persatuan Barat Selatan Aceh (PBSA) yang akan dideklarasikan pada Sabtu 22 Oktober 2016 yang akan datang.

Zainal Sabri mengatakan bahwa pemikiran untuk mendirikan PBSA itu lahir  sejak perbincangan oleh para tokoh Barat Selatan yang ada di Banda Aceh dan mendapatkan dukungan penuh dari sejumlah tokoh serta masyarakat yang berdiam di Barat Selatan Aceh.

Namun terbentuknya PBSA dalam bentuk lembaga baru dideklarasikan pada 18 Mei 2016 lalu di Rumah Adat Cut Nyak Dhien, Lampisang, Aceh Besar. Pemilihan lokasi tersebut itu dipilih atas dasar inspirasi dan semangat yang dibawa oleh Cut Nyak Dhien dalam memperjuangkan Aceh dari penjajahan Belanda dahulu kala.

Zainal Sabri mengatakan PBSA merupakan suatu wadah yang berbentuk suatu perkumpulan, yang berkantor pusat di Jl. T. Panglima Polem No 168-174 Peunayong Banda Aceh. Tapi meskipun berkantor pusat di Banda Aceh, program kerja dan aktifitas PBSA sepenuhnya terkait dengan pembangunan Barat Selatan Aceh.[]

KOMENTAR FACEBOOK