Ini Tanggapan Kocak Wira Soal Visi Kandidat Gubernur Aceh

Wiratmadinata

ACEHTREND. CO, Banda Aceh – Penyampaian visi, misi dan program kerja enam kandidat gubernur Aceh ditanggapi kocak oleh Wiratmadinata.

“Rumusan visi itu menggambarkan neurobehaviour politik Aceh haha, ” kata Wira.

Wira mengajak untuk sesekali menyelami perkembangan Pilkada Aceh dengan ringan.

“Soalnya, selama tahapan Pilkada ini, semua kita sangat serius mensikapi politik Pilkada, ” tambahnya, lagi-lagi tertawa.

Padahal, menurutnya Pilkada Aceh sedang tidak nyambung antara perilaku, respon dan saraf. “Pilkada kita sebenarnya sedang sakit, tapi kita semua seperti merasa jika politik kita di musim Pilkada ini sehat-sehat saja, ” jelasnya mulai lebih serius.

Wira mengajak mencermati apa yang mereka rumuskan sebagai visi, dengan realitas kemasyarakatan, dan spirit perubahan yang diinginkan rakyat Aceh. “Jadi, semua serba tidak nyambung, alias putoh urat, ” sebutnya, lalu kembali tertawa.

Wira juga mengingatkan pengalaman yang sudah-sudah, dimana visi-misi gubernur tidak nyambung antara statement normatif dengan kerangka operasionalnya.

“Lain yang dikonsepkan, lain pula yang dikerjakan. Ini persis definisi penyakit ‘Neuro Behavioural’ dalam psikologi klinis. Dalam penjelasan definisi penyakit ini, yaitu Lain yang diperintah saraf otak, lain pula yang dikerjakan tangan. Kalau dalam konteks melayu “cakap tak serupa bikin,” jelas Wira kembali tertawa.

“Untuk lengkapnya, saya akan menulis dengan lebih dalam, dan membuka kesadaran, tunggu saja di kolom politik, ” janjinya. []

KOMENTAR FACEBOOK