Dewan Pers Harap Wartawan Bekerja Netral Menjelang Pilkada

ACEHTREND.CO, Meulaboh – Puluhan jurnalis yang bertugas di wilayah Barat Selatan Aceh mengikuti literasi media yang diselenggarakan oleh Humas Setdakab Aceh Barat. Kegiatan berlangsung selama dua hari mulai tanggal 28 dan 29 Oktober 2016, di Aula Setdakab setempat.

Hubungan Media Massa Setdakab Aceh Barat, Jopi Dian Saputra Jum’at (28/10/2016) mengatakan, peserta yang mengikuti literasi tersebut sebanyak 40 orang berasal dari Aceh Barat, Nagan Raya, Acah Jaya dan Aceh Barat Daya. Peserta juga perwakilan perguruan tinggi Aceh Barat.

“Kegiatan ini bagian dari kemitraan pemkab dengan awak media. Kita juga bekerjasama dengan Dewan Pers Jakarta, dan alhamdulilah narasumber langsung dari Jakarta, Nezar Patria. Kita berharap, dengan adanya kegiatan ini, dapat meningkatkan kapasitas sumber daya jurnalistik dalam memberikan informasi dan mencerdaskan masyarakat,” kata Jopi.

Dewan Pers, Nezar Patria, usai memberikan materi mengatakan, literasi media merupakan salah satu program penting dari Dewan Pers, guna meningkatkan pengetahuan bagi wartawan terkait kode etik, perkembangan dunia media secara umum, dan mengupas permasalahan yang dialami wartawan di tingkat lokal.

“Kami dari Dewan Pers memberi apresiasi kepada Pemkab Aceh Barat yang telah berinisiatif melaksanakan Literasi Media bagi wartawan di Barat Selatan, karena ini sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan, baik pada wartawan maupun masyarakat tentang kinerja media,” kata Nezar.

Menurut Nezar, kebebasan pers harus dijaga bersama, karena kebebasan tersebut hanya diarahkan pada kepentingan masyarakat.

Terkait isu-isu Pilkada, Dewan Pers menekankan wartawan wajib berkerja secara profesional dan bersikap netral. Menurutnya peran wartawan sangat penting menjelang Pilkada, bagaimana menciptakan suasana yang harmoni antarmasyarakat.

“Apalagi Aceh ini bekas komplik. diharapkan wartawan bisa memainkan peran dalam menjaga suasana Pilkada supaya berlangsung aman dan damai. Yang paling penting adalah jangan ada wartawan yang berat sebelah dalam menyampaikan informasi para kandidat, sebab hal itu bisa memicu masalah,” harap Nezar.

Dia juga berharap kepada masyarakat agar lebih bersikap kritis terhadap informasi-informasi dalam pemberitaan. Artinya setiap informasi, jangan diterima mentah-mentah,perlu disaring kembali terhadap kebenarannya.[]

KOMENTAR FACEBOOK