Tu Sop: Top Leader Harus Jujur di Atas Rata-Rata

ACEHTREND.CO,Bireuen- Ulama muda sekaligus pengusaha sukses, Teungku H. Muhammad Yusuf A. Wahab atau akrab disapa Tu Sop, menyebutkan bahwa seorang pemimpin harus memiliki kadar kejujuran di atas segala yang ia pimpin. Tujuannya untuk melahirkan tauladan sehingga tiap yang ia sampaikan didengar oleh yang dipimpin.

Saat berbincang dengan aceHTrend beberapa waktu lalu pada medio pertengahan Oktober, Tu Sop mengatakan, keberanian para bawahan melakukan tindakan curang, sehingga merugikan orang banyak, biasanya dikarenakan tidak berwibawanya top leader. Pemimpin tertinggi gemar berbuat curang, sehingga dengan demikian ia kehilangan rasa hormat dari bawahannya.

“Jujur adalah fondasi, selain itu ilmu dan etika. Seorang pemimpin haruslah memiliki kadar kejujuran di atas rata-rata yang ia pimpin. Bila ia memiliki kualitas tertinggi, maka dirinya akan didengar dan dihormati oleh bawahan dan rakyat yang ia pimpin. Jangan pernah mencoba meminta anak buah untuk jujur, bila si pemimpin sendiri gemar berbuat curang,” ujar Tu Sop.

Dalam menahkodai sebuah komunitas, ilmu, etika dan kejujuran adalah tiga hal yang saling mendukung. Integritas seseorang diukur dari seberapa dia jujur. Tu Sop juga memgatakan, tidaklah seseorang layak menjadi pemimpin, bila ianya tidak memiliki integritas.

Dalam rangka mendorong seseorang pemimpin agar tetap memelihara integritasnya, rakyat selaku pemilik mandat harus memonitor apa yang dilakukan oleh pemimpinnya. Tegur bila salah dan beri apresiasi bila ia benar.

“Manusia tempat salah dan lupa. Pun demikian. Bukan berarti kesalahan boleh disengaja dan terus diulang-ulang. Manusia terbaik salah satunya adalah cepat menyadari kesalahan dan segera bertaubat dari kesahannya itu,” imbuh Tu Sop. []

KOMENTAR FACEBOOK