Ical Ajak Kader Golkar Jadi Penyejuk Suasana Politik

ACEHTREND. CO, Jakarta – Menyikapi aksi tuntutan penegakkan hukum terhadap Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang disuarakan sejumlah Ormas, Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie (Ical) meminta para pimpinan partai untuk arif dan bijaksana. Sebab statement yang salah dapat berkembang ke arah negatif.

“Kita perlu memberi respon dengan arif dan bijaksana, dan respons ini perlu diberikan oleh semua kalangan, khususnya oleh pimpinan partai politik dan lebih khusus lagi Pemerintah RI agar situasi ini tidak berkembang lebih buruk lagi,” ungkap Ical.

Hal tersebut disampaikannya saat memberi pernyataan pers di Kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Selasa (8/11/2016). Sikap yang tidak tepat dari para tokoh negara menurut Ical akan berdampak pada persatuan bangsa.

“Bisa jadi ancaman bagi persatuan dan kesatuan bangsa, kedaulatan rakyat dan proses pembangunan Indonesia,” tuturnya.

Mantan Ketua Umum Golkar ini juga mengimbau semua pihak untuk bisa menahan diri. Tuduhan atau tudingan yang dilemparkan pun juga harus disertakan dengan bukti.

“Kepada semua pihak kita juga mengimbau agar menahan diri dan tidak melebarkan masalah dengan menyampaikan tuduhan atau kecurigaan kepada pihak lain,” kata Ical.

“Kita diharapkan tidak menyampaikan sikap curiga kepada orang atau kelompok lainnya tanpa satu dasar yang memadai. Prinsip terpenting yang harus dipegang teguh dengan situasi seperti ini adalah prinsip persaudaraan dan persahabatan, kita semua bersaudara,” lanjut dia.

Ical pun juga berharap agar pilkada serentak dilakukan dengan prinsip persaingan sehat. Kompetisi secara terhormat menurutnya dibutuhkan pada demokrasi Indonesia.

“Walaupun demokrasi menghendaki kompetisi yang seru dan terkadang tajam, semua itu tidak boleh mengurangi rasa hormat dan ikatan persaudaraan di antara kita semua,” ucap Ical.

Sebagai mantan Ketum partai, dia juga meminta seluruh kader Golkar untuk memperkuat barisan. Ini berlaku juga untuk pengurus DPP dan DPD, serta Fraksi Golkar di DPR dan DPRD.

“Segera memperkuat barisan dan secara aktif menjadi pengawal terdepan persatuan dan kesatuan bangsa, menjaga perdamaian dan menjadi sumber penyejuk dari suasana politik,” tutup Ical. (elz/dnu)

KOMENTAR FACEBOOK