Panglima TNI: Indonesia Tanpa Umat Islam Bukan Indonesia…

ACEHTREND. CO, Banda Aceh – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan bahwa Indonesia tanpa umat Islam bukanlah Indonesia.

Hal itu disampaikan Gatot pada acara Indonesia Lawyer Club (ILC), Selasa (8/11) malam.

Panglima TNI melanjutkan bahwa Indonesia tanpa umat Kristen, umat Katolik, umat Hindu dan umat Budha juga bukan Indonesia.

“Dan ini disadari oleh semua yang demo kemarin (4/11),” tegas Gatot Nurmantyo.

Panglima TNI juga menilai demo #aksidamai411 dipandang sangat indah. Mengutip kisah Aa Gym, Gatot berkisah bahwa ketika ada satu pasangan yang ingin menikah di depan Katedral, para santri membersihkan jalan karena pengantin memakai rok tinggi.

“Inikan sesuatu yang indah, jadi kebhinnekaan benar-benar disadari oleh semua, ” puji Gatot lagi.

Gatot lalu menegaskan bahwa satu hal yang sudah finis adalah kebhinneka tunggal ika. Menurut Gatot, ia perlu mengingatkan ini karena Presiden RI sebagai Panglima Tertinggi mengingatkan bahwa tugas TNI adalah harus menjaga kebhinneka tunggal ika.

Sementara Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian justru mengingatkan para pendemo untuk mengikuti koridor hukum walau demo merupakan hak yang diakui oleh konstitusi.

“Penyampaian pendapat tidak boleh merugikan atau mengganggu hak azazi orang lain, tidak boleh mengganggu ketertiban publik, dan mengindahkan etika dan moral, terutama ketika menyampaikan orasi, dan harus menjaga persatuan dan kesatuan, serta menjaga stabilitas keamanan kita, ” warning Tito. []

KOMENTAR FACEBOOK