IPW Nilai Penangkapan Sejumlah Tokoh Sebagai Tindakan Lebay

ACEHTREND. CO, Jakarta – Indonesia Police Watch (IPW) melalui siaran persnya mendesak Kapolri segera mencopot Kapolda Metro Jaya karena telah melakukan penangkapan terhadap sejumlah tokoh masyarakat menjelang berlangsungnya aksi damai 212.

“Aksi penangkapan itu sebagai tindakan lebay dari Kapolda Metro Jaya,” tulis Neta S Pane, Ketua Presidium Indonesia Police Watch dalam siaran persnya.

Aksi penangkapan ini dinilai IPW sebagai wujud arogansi dan kesewenang wenangan Kapolda Metro Jaya yang sangat bertolakbelakang dengan sikap Kapolri yang intens melakukan pendekatan dan dialog dengan tokoh tokoh masyarakat menjelang aksi damai 212.

“Kapolda Metro Jaya tidak punya dasar hukum yang jelas dalam menangkap kedelapan tokoh itu. Apalagi jika Polda Metro Jaya menangkap mereka dengan alasan telah melakukan upaya makar, yang tolok ukurnya tidak jelas secara hukum,” tambah Neta S Pane.

Menurutnya, seharusnya Kapolda. Metro Jaya segera menangkap Ahok sebagai sumber masalah dan bukan menangkap para tokoh. Secara nyata Ahok sudah melakukan penistaan agama hingga dinyatakan sebagai tersangka. Akibat ulah AHok sudah terjadi kegaduhan dan kekacauan yang membuat Polri kerepotan. Eskalasi kamtibmas memanas.

Tapi kenapa Ahok sebagai sumber masalah tidak ditangkap. Kenapa yang ditangkap justru tokoh. Tindakan Kapolda MetroJaya ini terlalu mengada ada dan bisa menimbulkan kegaduhan politik.

“Untuk itu IPW mendesak Kapolri segera mencopot Kapolda Metro Jaya dan segera membebaskan kedelapan tokoh. Agar situasi politik ibukota tidak semakin panas,” tutupnya.

Sebelumnya, beredar kabar sejumlah orang ditangkap polisi. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono membenarkan Sri Bintang ditangkap.

“Saya membenarkan Sri Bintang ditangkap pagi ini. Tapi kronologis menyusul,” kata Argo ketika dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (2/12/2016) sebagaimana dilansir okezone.

Berikut nama-nama yang ditangkap sebagaimana beredar di group awak media dan lainnya.

1. Ahmad Dani, pasal 207 KUHP ditangkap di hotel Sari Pasific

2. Eko pasal 107 jo 110 kuhp jo 87 kuhp di rumahnya perum bekasi selatan

3. Adityawarman pasal 107 jo 110 kuhp jo 87 kuhp ditangkap di rumahnya

4. Kivlan Zein pasal 107 jo 110 kuhp jo 87 kuhp ditangkap di rumahnya komplek gading griya lestari blok H1 -15 jalan pegangsaan dua

5. Firza Huzein pasa 107 jo 110 kuhp jo 87 ditangkap di hotel san pasific, jam 04.30

6. Racmawati ditangkap di kediamannya, jam 05.00

7. Ratna Sarumpaet ditangkap di kediamannya, jam 05.00

8. Sri Bintang Pamungkas, telah ditangkap dikediamannya di cibubur saat ini otw ke Mako Brimob Ditangani Krimsus.

9. Jamran, UU ITE, diamankan di Hotel Bintang Baru Kamar 128 dipimpin oleh AKBP Iman Setiawan Kasubdit Indag.

10. Rizal Kobar, UU ITE ditangkap di samping SEVEL Stasiun Gambir Jakpus pada tanggal 2 Des 2016 Pkl . 03.30 wib.

KOMENTAR FACEBOOK