DAS Peusangan Terancam Hancur

ACEHTREND.CO,Bireuen- Kepala Balai DAS Krueng Aceh, Ir. Rukmayadi, M.Si, menyebutkan, seribuan hektar lahan dikawasan DAS Krueng Peusangan dalam kondisi sangat kritis. Walau secara persentase luasan lahan masih banyak yang aman, namun trend pertambahan laju kerusakan kian mencemaskan

Demikian disampaikan oleh Ir. Rukmayadi, saat memberikan sambutan pada acara penanaman bibit pohon di bantar Krueng Peusangan, Gampong Blang Mee, Kecamatan Kutablang, Bireuen, Sabtu (3/12/2016). Kegiatan ini kerjasama Balai DAS Krueng Aceh dengan Firum DAS Krueng Peusangan (FDKP).

Plt Bupati Bireuen, Ir. Mukhtar Abda,M. Si, dalam sambutannya mengaku terkejut dengan kondisi DAS Peusangan. Ia mengaku selama ini tidak tahu apa-apa tentang DAS tersebut. Pun demikuan, pihaknya menyambut baik kerja-kerja yang dilakukan oleh FDKP dan pihak-pihak lainnya untuk menyelamatkan sungai dan hutan.

Suhaimi Hamid, Ketua FDKP, dalam kesempatan itu menjelaskan degradasi kawasan di sepanjang DAS Peusangan sudah terlihat nyata. Penurunan debit air pun sudah bisa diukur dengan penglihatan mata. Hal ini disebabkan oleh alih fungsi lahan hutan untuk kawasan lainnya, tanpa mempertimbangkan kelestarian alam.

Dia juga mengatakan, kegiatan yang dilakukan kali ini, berupa penanaman bibit pohon di bantaran sungai. Ada sekitar 200 batang yang ditanam di bantar sungai di Gampong Blang Mee. []

KOMENTAR FACEBOOK