Dahsyat, Guru Ini Galang Bantuan dan Mengantarnya Hingga ke Pedalaman Pidie Jaya

ACEHTREND. CO, Pidie – Besarnya dampak gempa Pidie Jaya telah membangkitkan solidaritas berbagai pihak untuk membantu meringankan derita korban. Para korban yang berdomisi di desa-desa pedalaman Pidie Jaya, Pidie dan Bireun nyaris tidak tersentuh bantuan dari luar.

Diantara figur yang tergerak untuk membantu derita korban gempa Pidie Jaya tersebutlah nama Tgk. Syukri Al-Asyi, S.Pd. Sehari-hari pria yang dikenal ahli bekam ini berprofesi sebagai guru Bahasa Inggris di SMAN-1 Sakti, Kota Bakti, Pidie.

Tgk. Syukri menggalang bantuan kemanusiaan melalui facebook, dengan akun Tgk. Syukri Al-Asyi “Sumber bantuan dari facebooker, sahabat dunia maya. Bahkan ada yang tidak saya kenal sekalipun tapi ikut menyumbang,” kata Syukri kepada aceHTrend, Sabtu (17/12).

Syukri memfokuskan distribusi bantuan kepada para korban yang tinggal di daerah pedalaman, yang tidak terakses oleh pihak lain. “Mereka di pedalaman selain menjadi korban gempa juga terdiri dari orang-orang miskin,” katanya.

Dari mana dia tahu kebaradaan korban di pedalaman? Syukri punya cara sendiri. Dia mencari calon penerima manfaat dengan meminta bantuan facebooker untuk mengabarinya nama korban, alamat lengkap, foto, berserta nomor kontak yang bisa dihubungi.

Banyak teman dunia maya yang mengirimkan data korban ke nomor HP/WA Syukri 0812696959, ada yang mengirimkan pesan melalui inbox facebook, dan juga WA.

Setelah memastikan kebenaran data korban, keesokan harinya Syukri mengantarkan sendiri bantuan itu dengan sepede motor miliknya. Penerima bantuan pun tercengang, antara percaya dan tidak, melihat kedatangan Pak Guru dari jauh untuk mengantarkan bantuan langsung ke pintu rumah korban.

Selanjutnya Syukri melaporkan distribusi bantuan kepada donatur melalui dinding facebook. Cara inilah ternyata semakin menumbuhkan kepercayaan dari para donatur.

“Bantuan masih mengalir sampai sekarang. Kalau masih ada korban gempa di desa pedalaman dan belum tersentuh bantuan, silakan hubungi nomor HP/WA saya: 0812696959. Saya siap mengantarkannya ke pintu-pintu rumah korban,” katanya.

Berikut salah satu contoh berita di dinding FB Tgk. Syukri:
Bismillah… bagi korban gempa yg sudah inbox.. telpon… komen dan kirim pesan ke WA saya serta yg sdh saya data kemarin… tunggu saya hari ini… bantuan donasi dari PTC surabaya donasi Ibu Indah Emilia via ibu Heni Wahyuni akan saya antar lagsung ke rumah korban.. mohon doa semoga lancar dan bisa tuntas hari ini.. saya terbang pakai Helikopter Jepang… khak.. khak… bagi yg masih belum dapat…. silahkan kirim data bahwa anda.. sahabat atau keluarga anda korban gempa yg sangat mengharapkan bantuan layak semasa darurat ini…. karena mulai besok akan saya antar donasi dari member MOMENT via ibu Yusverina Moment… hubungi saya di kolom komen.. inbox.. WA atau sms atau telpon… tunggu kedatangan saya di rumah ya…
Tgk Syukri Al-Asyi
Relawan RehabHati
Hp/WA 0812696959

KOMENTAR FACEBOOK