Massa Ibu-Ibu Ramaikan Demo Aleppo dan Kesaksian Relawan Medis HASI Asal Aceh

ACEHTREND.CO, Jakarta – Sekitar 200 lebih ibu-ibu terlihat mengikuti aksi Gema 212 menuntut Rusia dan Iran menghentikan penyerangan ke Aleppo, Suriah.

Dengan mengusung poster berisi keadaan di Aleppo, diantaranya ‘Save Aleppo’, ‘Let Help Aleppo’, ‘Stop Killing Suriah’, ‘Stop Suriah Memerah Darah’. Gambar anak-anak korban kekerasan juga terlihat di poster dan spanduk yang di bawa oleh para demonstran, termasuk oleh ibu-ibu.

Salah satu spanduk besar yang dibentangkan tertulis pesan ‘Stop genocide #WeStandWithAleppo Aksi Solidaritas Aleppo’. 

Aksi demo juga dikawal oleh tim medis keliling dari Hilal Ahmar Society Indonesia (HASI). Asnidar, salah seorang relawan medis HASI mengatakan aksi Gema 212 memang banyak diikuti ibu-ibu.

“Mungkin ibu-ibu sangat tersentuh dengan derita yang mengepung Aleppo, dimana-mana konflik dan perang lebih banyak merugikan perempuan dan anak-anak,” kata Asnidar, Senin (19/12).

Relawan medis kelahiran Aceh itu juga berkisah bertemu ibu-ibu yang datang atas inisiatif sendiri ke aksi demo. “Saya lihat di tv soal Suriah, dan saya kasian dengan anak-anak di Aleppo,” cerita Asnidar mengutip keterangan dari seorang ibu yang ditemuinya.

Asnidar mengaku ikut ambil bagian karena terkenang konflik Aceh dahulu yang juga memakan korban, sehingga dirinya tergerak untuk ikut menjadi relawan medis. “Kami berkeliling dan bila ada yang perlu dibantu secara medis maka kami akan melakukan tindakan medis segera mungkin,” sebutnya.

“Hanya saja banyak ibu-ibu yang tidak mau diajak istirahat di ambulance. Mereka semangat dan kuat-kuat menyuarakan penderitaan Aleppo, Suriah,” kata Asnidar.

Demo terkait Aleppo dilakukan di depan Kedubes Rusia, Jl HR Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta Selatan sekitar pukul 10.30 wib. Setelah itu, massa aksi solidaritas untuk Aleppo dilakukan di depan Kedubes Iran, Jalan Hos Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat.