Nilai Pelayanan Asal Jadi, Mahasiswa UTU Demo Kampus

ACEHTREND.CO, Meulaboh- Ratusan mahasiswa yang tergabung Keluarga Besar Mahasiswa Universuitas Teuku Umar (KBM-UTU), Kamis (26/1/2017), siang, melancarkan aksi demonstrasi di depan gedung rektorat kampus tersebut. Mereka protes terkait manajemen di perguruan tinggi tersebut yang selama ini dianggap berjalan kurang efektif.

Koordinator aksi, Fazil Rafa kepada wartawan menyampaikan, persoalan dasar di UTU adalah kurangnya manajemen. Sehingga masalah tersebut bisa merugikan mahasiswa.

“Pelayanan akademik yang tidak efektif di semua Fakultas. Proses mengajar dosen belum demokratis. Persoalan anggaran kampus kurang transparan. Dan kinerja dosen yang masih berkarakter malas. Maka kami sebagai mahasiswa yang serius ingin belajar, selama ini telah dirugikan lantaran tidak mendapat hak-hak yang layak. Mereka melucuti hak kami selaku mahasiswa” kata Fazil.

Fazil juga menyinggung soal jangka waktu pembayaran SPP. kata dia, pihak UTU hanya menyediakan masa waktu selama satu minggu untuk masa pembayaran SPP. Menurut mahasiswa tidak efektif jika waktu satu minggu, apalagi hanya satu teller yang disediakan di bank untuk pembayaran SPP ribuan mahasiswa.

“Hal ini berefek pada panjangnya antrian di bank. sehingga setiap tahun ada saja mahasiswa yang tidak sempat membayar SPP dalam jangka waktu singkat ditentukan oleh manajemen kampus,” ujar Fazil.

Fazil menambahkan, pihak kampus juga membuat kebijakan, bahwa pergantian semester genap dan smister ganjil hanya selama empat bulan/semester, “bagi kami kebijakan ini tidak efektif dalam menghabiskan SKS yang ada, jika dilihat dari segi dosen yang masih malas masuk mengajar,” sebutnya.

Fazil mengaku, kerena belum mendapat jawaban dari UTU, pihanya mendirikan posko, selain menampung semua permasalahan dan keluhan dari mahasiswa. Posko yang terbentang di halaman kampus juga untuk menunggu kesepakatan dengan pihak kampus, terhadap tuntutan yang diajukan.

“UTU harus mengevaluasi semua kinerja yang selama ini tidak efektif, dan telah merugikan kami” tambahnya

Sampai berita ini ditayangkan, aceHTrend belum mendapatkan konfirmasi dari manajemen UTU terkait keluhan mahasiswa.

KOMENTAR FACEBOOK