FSTS Adakan Aneka Lomba Islami

ACEHTREND.CO, Banda Aceh- Forum Silaturrahmi TPQ Syiah Kuala (FSTS) Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, menggelar aneka lomba islami di Komplek Mesjid An Nur Gampong Ie Masen Kayee Adang, Kamis (26/1/2017). Kegiatan itu diikuti 285 santri yang berasal dari 19 TPQ Se Kec. Syiah Kuala dan akan berlangsung 26-27 Januari 2017. 

Ketua panitia pelaksana, Misral Yusuf S.PdI, mengatakan aneka kegiatan lomba islami ini, dalam rangka memperingati maulid Nabi besar Muhammad SAW. Sejumlah perlombaan yang dilaksanakan yaitu, tahfidz jus amma, bacaan tartil quran, tilawah, cerdas cermat, hafalan surat pendek, shalawat nabi, menggambar dan mewarnai.

“untuk pengumuman pemenang dan pembagian hadiah akan dilaksanakan pada minggu, 29 Januari 2017 di tempat yang sama, yang dirangkai dengan kenduri dan ceramah maulid serta penyerahan santunan kepada anak yatim,” jelas Misral.

Ketua Umum FSTS, Afrizal Refo, M.A mengatakan, Aceh sebagai daerah yang berlaku syariat Islam, sudah seharusnyalah para orang tua untuk mempersiapkan anak-anaknya menjadi insan qurani sejak kecil. Dan salah satu tempat “penggodokan” itu adalah melalui lembaga-lembaga pendidikan seperti TPQ dan Balai Pengajian.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga sebagai bahan evaluasi terhadap pencapaian hasil proses belajar mengajar yang sedang dijalani para santri tersebut di TKA, TPA, TQA dan balai pengajian lainnya.

“selain untuk mempererat silaturrahmi antar TPQ dan Balai Pengajian, kegiatan ini juga untuk memberikan semangat dan motivasi bagi santri dalam mengikuti event-event perlombaan dan semakin cinta kepada al-quran. Dan bagi para juara akan diikutsertakan kembali pada perlombaan lainnya. Dari itu kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya perlombaan ini,”ungkap Afrizal Refo.

Sementara itu, Camat Syiah Kuala Drs Fahmi MSi, memberikan apresiasi dan menyambut baik atas pelaksanaan kegiatan ini. Dan berharap kegiatan serupa dapat berlangsung setiap tahunnya untuk mengasah kemampuan para santri.

“saya juga berharap dengan adanya FSTS akan terjalinnya ukhuwah diantara sesama ustadz dan ustadzah di Kecamatan Syiah kuala,” ungkap Fahmi.[]

KOMENTAR FACEBOOK