Putra Bireuen Penyumbang Pesawat Pertama untuk Indonesia

ACEHTREND.CO- Central Trading Cooperation yang kemudian menjadi Central Trading Company(CTC) yang berpusat di Bukittinggi, Sumatera Barat, merupakan lembaga pertama yang menghadiahkan pesawat jenis AVRO ANSON kepada Pemerintah Republik Indonesia. Namun karena keterlambatan registrasi, burung besi ini mendapat nomor RI-003.

Dikutip dari buku Aceh Dalam Perang Mempertahankan Proklamasi Kemerdekaan 1945-1949, terbitan PT. Gramedia Pustaka Utama bekerjasama dengan Yayasan Seulawah RI-001, Jakarta 2004, disebutkan, keterlambatan peregestrasian pesawat tersebut karena tidak lama setelah diserahkan kepada Pemerintah, pesawat itu jatuh.

Pesawat itu dibeli di Thailand pada tahun 1947 yang dibayar dalam bentuk emas murni dan diterbangkan oleh Komodor Muda (Udara) A. Halim Perdanakusumah dan Opsir (Udara) I, Iswahyudi yang sewaktu pulang ke Indonesia jatuh di Tanjung Hantu, Malaysia.

CTC sebagai perusahaan dagang yang dibentuk untuk menyokong perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Perusahaan ini didirikan oleh putra Bireuen kelahiran Samalanga, Letkol Teuku Hamid Azwar, yang menjabat Kepala Staf SK2A (Intendans) Komandemen Sumatera.

Letkol Teuku Hamid Azwar, bersama Letkol Teuku M. Daud (Samalanga) dan Letkol H. A. Thahir, mendirikan CTC di Bukittinggi, sebagai pusat organisasi untuk mengusahakan perlengkapan bagi tentara di seluruh Sumatera.

Dalam perjalanan waktu, CTC dibadanhukumkan dan dialihkan menjadi perusahaan milik negara, atas saran Mr. Muhammad Hatta. []

KOMENTAR FACEBOOK