Iblis Kepung Manusia, Ini Cara Menghindarinya

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Iblis mengepung manusia dari semua sisi; muka (depan), belakang, kanan dan kiri. Komitmen iblis ini diabadikan dalam Alquran sebagai balasan terusirnya iblis dari surga.

Iblis berkata: “Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus. Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat). [ QS. Al A’raf : 16 – 17 ].

“Dari semua sisi kita dikepung oleh iblis, kecuali dari dari atas dan dari bawah,” demikian disampaikan Drs. Tgk. H. Faisal Sufi, pimpinan Pesantren Taufiqurrahman Pante Geulima, Meureudu, Pidie Jaya, saat mengisi pengajian rutin Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam (KWPSI), di Rumoh Aceh Kupi Luwak, Jeulingke, Banda Aceh, Rabu (1/2/2017) malam.

Kenapa iblis tidak datang dari sisi atas dan dari bawah? “Karena di atas ada Allah. Begitu juga iblis tidak bisa datang dari bawah karena itu adalah tempat manusia mengagungkan Allah melalui sujud,” tambah Faisal Hasan Sufi dalam pengajian yang dipandu Sekjen KWPSI Muhammad Saman dan disiarkan langsung oleh RRI Banda Aceh.

Faisal menambahkan, untuk menghindari dari godaan iblis yang sangat dahsyat, maka umat Islam harus senantiasa berserah diri kepada Allah sebagai Sang Khaliq, dan senantiasa memperbanyak sujud.

“Hanya dua sisi yaitu atas dan bawah (tempat sujud) yang tidak didatangi oleh iblis. Maka, mari manfaatkan dua pintu yang tidak didatangi iblis ini agar kita menjadi manusia yang baik,” ujar Faisal yang juga pimpinan Pesantren Darul Hikam, Banjar, Jawa Barat ini.