Muhammad Thalal: “Para Sarjana UIN Saat Ini Harus Memiliki Empat Kecerdasan”

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Lulusan Universitas Islam saat ini menghadapi tantangan yang sangat besar dalam kehidupan sosial, budaya dan pasar kerja.

Untuk menghadapi situasi dan kondisi tersebut, maka para sarjana diharapkan dapat memiliki empat kecerdasan.

Pertama, kecerdasan spritual. Kedua, kecerdasan intelektual. Ketiga, kecerdasan emosional. Keempat, kecerdasan sosial.

Hal itu disampaikan oleh Muhammad Thalal, Lc, M.Si, M.Ed dalam orasi ilmiahnya dihadapan para peserta yudisium Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry yang berlangsung di gedung rektorat UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Dosen prodi SKI ini juga menambahkan bahwa kecerdasan sosial, seperti ditulis Karl Albrecht, memiliki 5 komponen, yaitu peka terhadap semua situasi dan kondisi di masyarakat; pandai membawa diri; bersikap dan bertingkah laku apa adanya; memberikan ide yang jelas dalam setiap komunikasi di masyarakat ; dan selalu bersikap empati.

“Dengan kecerdasan semacam inilah, sarjana UIN akan memilili kekhasan dalam berinteraksi dengan berbagai situasi dan kondisi di tengah masyarakat dan lingkungan pekerjaan yang dihadapi dewasa ini,” sebutnya.

Dekan FAH UIN Ar-Raniry, Syarifuddin MAg, PhD dalam sambutannya juga mendorong calon wisudawan Fakultas Adab dan Humaniora untuk berani menciptakan perubahan.

Sebagai seorang calon pemimpin masa depan, para sarjana diharapkan untuk menjadi seorang intelektual yang mampu berkarya dan menciptakan perubahan untuk diri sendiri, masyarakat dan bangsa ini.

Pada yudisium sarjana dan diploma Fakultas Adab dan Humaniora semester ganjil tahun akademik 2016/2017 tahun ini mahasiswa yang dinyatakan lulus dan berhak mengikuti yudisium sebanyak 82 orang, terdiri dari jurusan Sejarah Kebudayaan Islam  (19 orang), Bahasa dan Sastra Arab (21 orang), D III Ilmu Perpustakaan (11 orang) dan prodi S1 Ilmu Perpustakaan sebanyak 31 orang. []