Klub Prolanis Lambaro ikuti Senam Sehat

Senam Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang digagas oleh PT. BPJS Kesehatan (dulu PT. Askes) Regional 1 Banda Aceh dengan Faskes Klinik Meurasi Lambaro kini semakin diminati. Senam sehat ini diikuti oleh 32 penderita penyakit kronis yang rata-rata pensiunan PNS dan peserta BPJS Kesehatan mandiri. Selain sebagai wadah silaturahim dan komunikasi antara penderita kronis, juga dimanfaatkan untuk menjalin keakraban antara penderita Prolanis dengan dokter keluarga. Program Senam Prolanis yang dilaksanakan di Komplek Perumahan Lorong 2 Lambaro, Ingin Jaya, Aceh Besar pada hari minggu (26/3/2017) dikelola mandiri oleh Klub Sehat Prima Lambaro.

“Menjadi tua itu pasti, tetapi menjadi sehat di hari tua itu adalah pilihan” Ungkap H. Saiful Bahri, SH selaku Ketua Klub Sehat Prima.

Klub yang terdiri dari penderita Hipertensi dan Diabetes dikawasan Lambaro terus berupaya untuk mendorong diri mereka mencapai kualitas hidup optimal dengan penyakit kronik yang saat ini diderita. Memiliki badan yang sehat adalah salah satu upaya untuk mewujudkan pribadi yang sehat, lanjut saiful.

Secara spesifik Manager Klinik Meurasi Lambaro dr. Said Aandy Saida, SpPD mengatakan bahwa kegiatan senam ini merupakan kelanjutan dari program kerjasama BPJS Kesehatan Regional 1 Banda Aceh dengan Klinik Meurasi Lambaro sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Aceh Besar Prolanis merupakan suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronik.

“Tujuan Senam Prolanis ini lanjutnya, adalah untuk mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal. Hasil tersebut dilihat dari pemeriksaan rutin terhadap penyakit DM Tipe 2 dan Hipertensi sesuai dengan panduan klinis, sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit tersebut. Dengan senam yang teratur badan menjadi segar,” ujarnya.

Segala keletihan setelah bekerja menjadi hilang, terlebih lagi daya tahan tubuh meningkat. Di samping itu kegiatan olahraga itu juga dapat meningkatakan kebersamaan diantara rekan-rekan kerja dan ini adalah rekreasi yang murah”.
Sasaran dari Prolanis ini adalah seluruh peserta BPJS Kesehatan penyandang penyakit kronis di Lambaro,” kata dr. Said, sambil berharap dengan kegiatan senam Prolanis dapat dilaksanakan secara rutin. Sehingga masyarakat mengerti akan pentingnya hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit.

Dalam acara senam Prolanis, pihak panitia mendatangkan pemandu senam Syahruzal S.Pd selaku Alumni FKIP Olah Raga Universitas Abulyatama. Yang membuat peserta senam semakin antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Selesai melaksanakan senam sehat Prolanis seluruh peserta BPJS yang bermasalah dengan kesehatannya diberikan kesempatan untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah dan kadar gula darah.

Aceh Besar, 26 Maret 2017
Manager
Klinik Meurasi Lambaro

dr. Said Aandy Saida, SpPD

KOMENTAR FACEBOOK