Aktivis Bumi Teuku Umar Suarakan Proyek PT Semen Indonesia

ACEHTREND.CO, Meulaboh, Sejumlah aktivis mahasiswa Aceh Barat  yang tergabung dalam Company Treatikal untuk Rakyat (Catur) hari ini, Rabu (29/3/2017) menggelar aksi simpati di tugu simpang pelor, Meulaboh, Aceh Barat. 

Aksi tersebut sebagai bentuk solidaritas dan dukungan kepada petani Kendeng, Rembang, Provinsi Jawa Tengah yang saat ini sedang menyampaikan protes terkait pembangunan pabrik semen di wilayah mereka yang dinilai merusak lingkungan.

Koordinator aksi, Deni Setiawan menyebutkan, apa yang  dialami oleh petani kendeng saat ini sebagai bukti pemerintah tidak berpihak pada rakyat lemah.

“Aksi hari ini sebagai aspirasi dari Bumi Teuku Umar (Aceh Barat) kepada pemerintah pusat, menyangkut izin kepada PT Semen Indonesia melakukan operasi penambangan di wilayah pegunungan Kendeng,” papar Deni.

Mahasiswa Aceh Barat menilai, pemerintah masih mengabaikan masyarakat lemah dan lebih mementingkan pihak perusahaan.

“Petani di kendeng tegas menolak keberadaan pabrik semen yang dinilai jadi malapetaka bagi rakyat. Kami meminta pemerintah segera menghapus izin operasi perusahaan itu,” ujarnya.

Selain meneriakan yel-yel dukungan kepada petani Kendeng,  mahasiswa juga membawa karton bertuliskan kata penolakan terhadap pembangunan pabrik semen di wilayah itu. Aksi yang berlangsung sekira satu jam ini juga mendapat pengawalan aparat kepolisian. [] 

KOMENTAR FACEBOOK