Aceh Butuh Poros Politik Baru

ACEHTREND.CO,Banda Aceh- Pengamat politik dan keamanan Aceh Aryos Nivada, Rabu (26/4/2017) mengatakan Pemerintah ke depan membutuhkan poros baru melalui pembentukan Koalisi Baru. Hal ini untuk mendukung kebijakan dan program-program yang sudah disusun berdasarkan visi dan misi Irwandi Yusuf.

“Irwandi Yusuf sebagai gubernur terpilih menginginkan semua unsur untuk terlibat membangun aceh ke depan agar membawa perubahan lebih baik. Intinya untuk memudahkan komunikasi Irwandi Yusuf dengan parlemen. Semakin banyak partai politik di legislatif mendukung maka akan terjalin komunikasi yang baik di parlemen (DPRA),” kata Aryos.

Aryos menambahkan, Koalisi Aceh Bermartabat yang digawangi oleh Partai Aceh, sejauh ini tetap memiliki bergaining power. Sehingga apabila tidak ada kekuatan tandingan, diperkirakan Irwandi akan kesulitan menjalankan agenda yang sudah disusun.

“Partai politik yang bisa dikondisikan mendukung Irwandi Yusuf dalam koalisi besar meliputi NasDem, Golkar, Demokrat, PNA, PDA, Dan PKB. Untuk partai lainnya diperlukan tindakan komunikasi dengan pendekatan personal pimpinan partainya, seperti PAN, PPP, dan PKS. Patut difahami juga, bahwa PKS dan Gerindra selalu bersama-sama tidak menutup kemungkinan kalau PKS dan Gerindra masih dalam barisan Koalisi Aceh Bermartabat,” terangnya.

Aryos juga menyebutkan Koalisi baru yang terbentuk harus memiliki tujuan membangun Aceh lebih baik dari segala sektor.

“Diharapkan koalisi yg terbangun janganlah berorientasi pada kepentingan ekonomi tapi pada kepentingan membangun aceh yang prioritas,” imbuhnya.