Pantau Pelaksanaan UNBK Tingkat SMP, Komisi D DPRK Banda Aceh Kunjungi Sejumlah Sekolah

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Pimpinan Komisi D DPRK Banda Aceh beserta anggota melakukan pemantauan terkait pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di kota Banda Aceh. Pemantauan UNBK ini dipimpin langsung oleh ketua Komisi D Sabri Badruddin,ST.

Kunjungan pada hari Rabu, (3/5/2017) tersebut dalam rangka memastikan kelancaran UNBK yang berlangsung serentak di semua sekolah tingkat SMP yang ada dalam kota Banda Aceh. Beberapa SMP yang dikunjungi antara lain SMP Negeri 1 Banda Aceh, SMP 15 , dan SMP Negeri 7 Banda Aceh.

” Kami ingin memastikan bahwa pelaksanaan UNBK ini berjalan lancar, sekaligus juga ingin melihat beberapa sekolah yang masih terkendala fasilitas komputer, sehingga harus menumpang di sekolah lain,” ujar Sabri Badruddin di dampingi Ramza Harli dan sejumlah anggota komisi lainnya

Sabri juga berharap dengan ujian berbasis komputer ini pihak penyelenggara pendidikan bisa mengeliminir kecurangan, baik yang dilakukan oleh murid maupun oknum guru yang terlibat membantu. Menurut Sabri UNBK ini juga diharapkan mampu mengevaluasi sejauh mana kualitas pendidikan kota Banda Aceh di bandingkan daerah lain.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh T.Angkasah mengatakan bahwa pihaknya sudah berupaya semaksimal mungkin memenuhi semua kebutuhan agar UNBK berjalan lancar, salah satunya dengan pengadaan komputer sebanyak 176 unit yang sudah didistribusikan ke beberapa sekolah.

” Sebenarnya kita sudah berusaha melakukan pengadaan beberapa unit komputer. Namun disisi yang lain kita masih kekurangan komputer untuk pelaksanaan UNBK untuk tahun ini, untuk itu kami melakukan kerja sama dengan beberapa SMA dan SMK yang ada di kota Banda Aceh,” ujar Angkasah didampingi Kabid SMP Drs.Amirudin kepada aceHTrend.

Informasi yang diperoleh aceHTrend dari Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh, pada UN tahun 2017 ini jumlah sekolah yang mengikuti UN tingkat SMP dan sederajat di ikuti 41 sekolah, terdiri dari 31 SMP Negeri dan Swasta serta 10 MTS baik negeri maupun peserta. Sementara jumlah peserta UN  4.347 peserta terdiri dari 3.647 dari SMP dan 1.336 peserta dari MTS. Untuk SMP sudah 100 persen berbasis komputer, sedangkan MTS masih mengunakan ujian tulis biasa.

Anggota komisi D yang melakukan kunjungan dan pemantauan langsung pada hari kedua tersebut yaitu Sabri Badruddin,ST (Ketua Komisi), Ramza Harli (Wakil Ketua Komisi), H.Isnaini Husda,SE, H.Ilmiza Saaduddin Djamal, T.Iqbal Djohan,SE, dan Kabag Hukum DPRK kota Banda Aceh Cut Azharida,SH serta turut dihadiri Royes Ruslan,SH dari Komisi C. Sedangkan dari Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh hadir Sekretaris Dinas T.Angkasah dan Kabid SMP Amiruddin beserta sejumlah staf.[]

KOMENTAR FACEBOOK