Berapa Banyak Guru Besar di Unsyiah? Ini Kata Rektor Unsyiah

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Universitas Syiah Kuala mengukuhkan dua guru besar dalam Rapat Senat Terbuka Unsyiah di Event Hall AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh, Jumat (5/5).

“Dengan begitu Unsyiah sudah memiliki 47 guru besar,” kata Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M. Eng dalam sambutannya.

Rektor menyebut 47 guru besar itu masih relatif minim, dan jumlah ini masih jauh dari mencukupi kebutuhan yang ideal untuk sebuah perguruan tinggi berbasis riset dan pengembangan.

“Pertambahan jumlah guru beaar di Unsyiah juga berjalan relatif lambat,” sebutnya.

Meski begitu, Rektor Unsyiah itu menyatakan besarnya potensi menambah guru besar dalam lima tahun ke depan.

Menurut Samsul, dari data yang dimiliki Unsyiah hampir 90 persen pengajar berlatar pendidikan doktor, yang menjadi syarat utama menjadi guru besar.

“Fakta ini paling tidak memberi harapan bagi kita, insya Allah sesegera mungkin Unsyiah memiliki minimal 100 guru besar,” sebut Samsul Rizal optimis.

Di hadapan hadirin, Rektor Unsyiah itu juga menyampaikan potret krisis guru besar di Indonesia. Rektor menyebut jumlah guru besar di Indonesia saat ini sekitar 5 ribu guru besar.

Pada awal tahun, saat berada di Padang, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof. Mohamad Nasir, menyebut jumlah guru besar atau profesor di Indonesia adalah 5.216 guru besar di seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Dari jumlah itu, sekitar 1.200 orang guru besar di Indonesia disebut Menristekdiktif tidak melakukan publikasi ilmiah khususnya di jurnal internasional.

Bukan hanya itu, saat itu Menristekdiktif juga memaparkan krisis di PT karena dengan jumlah dosen sampai 265 ribu di seluruh Indonesia yang tersebar di empat ribu kampus, publikasi ilmiah baru mencapai 9.989 artikel hingga akhir 2016.

“Dalam hal ini guru besar aktif yang ada di dalamnya bukan hanya tidak melakukan publikasi namun juga minim melakukan pembinaan kepada juniornya untuk penulisan artikel,” sebut Menristekdiktif.

Di akhir sambutan, Samsul Rizal mengucapkan selamat kepada dua guru besar atas pencapaian gelar profesional tertinggi dalam dunia pendidikan. []

KOMENTAR FACEBOOK