Boat Ditangkap, Nelayan Jadi Penjual Ikan Di Kaki Lima

ACEHTREND.CO,Meulaboh- Pasca penangkapan enam nelayan di Aceh Barat pada 23 Maret lalu, karena dugaan penyalahgunaan alat tangkap di perairan Nagan Raya. Sejumlah nelayan dan pemilik kapal boat beralih profesi menjadi penjual ikan di kaki lima. Hal ini terpaksa dilakukan guna menutupi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Sejak boat ditangkap, kami terpaksa menjual ikan di kaki lima, karena sumber pemasukan sekarang serba menipis,” kata Efendi, Sabtu (13/5/2017), salah satu pemilik boat yang kini diamankan polisi di dermaga Tempat Penjualan Ikan (TPI) Meulaboh.

Efendi mengaku, kesulitan memperoleh penghasilan mulai muncul sejak polisi mengamankan satu unit kapal boat miliknya, yang merupakan salah satu dari enam boat yang ditangkap bersama enam nelayan oleh Kepolisian Air (Polair) Polda Aceh pada Maret lalu. Hingga kini enam nelayan tersebut masih dalam proses hukum di Pengadilan Negeri Aceh Barat.

“Boat saya sekarang sudah hampir tenggelam, karena selama dalam pengawasan polisi tidak ada yang urus. Kami berharap ada rasa keadilan bagi kami” ujar Efendi.

Ketua Komunitas Nelayan Tradisional (Kontan) Meulaboh Indra Jeumpa mengharapkan agar pihak penegak hukum, Kejaksaan dan majelis hakim Pengadilan Negeri Aceh Barat, memperhatikan tentang kesulitan nelayan. Menurutnya, kondisi ekonomi nelayan semakin merosot jangan ditambah lagi dengan alat-alat lain ikut rusak.

“Ini yang pemilik boat saja bisa kesulitan, bisa dibayangkan, bagaimana nasib naleyan-nelayan biasa. Mereka sampai hari ini masih diamankan, masing-masing punya tanggungan keluarga, apalagi sekarang menhadapi hari meugang, bulan puasa. cukup memprihatinkan kondisi keluarganya,”kata Indra.

Selain itu, Indra mengharapkan, agar kapal boat yang kini masih diamankan diberikan kesempatan kepada pemiliknya untuk dimanfaatkan atau minimal kapal tersebut terurus, supaya nelayan tidak tambah dirugikan, “Proses hukum tetap tetap berjalan, tapi jangan karena kasus ini, Boatnya rusak, nelayan tambah dirugikan,” harapnya.

KOMENTAR FACEBOOK