Jokowi Komit Perpanjang Dana Otsus Aceh

ACEHTREND.CO,Banda Aceh- Presiden Republik Indonesia berkomitmen untuk memperpanjang keberadaan dana otonomi khusus untuk Aceh. Namun hal itu baru bisa dibahas pada kisaran setelah 2019. Hal ini karena selama ini proses tahap pertama dana otsus masih berjalan hingga 2027.

Hal ini dikemukakan oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, saat memberikan sambutan seusai pengukuhan dan pelantikan dirinya di ruang rapat DPRA, Rabu (5/7/2017). Irwandi menjelaskan, dirinya sudah bicara dengan Jokowi setahun yang lalu.

“Hal ini sudah kami bahas setahun lalu, saat saya mengutarakan keinginan untuk maju sebagai calon Gubernur Aceh. Dana Otsus itu kan 2 persen dari Dana Alokasi Umum (DAU) Nasional. Saya minta agar dana itu tidak selesai di 2027. Beliau komit mendukung. Tapi hal tersebut baru bisa dilakukan pada 2022,” ujar Irwandi yang diikuti oleh tepuk tangan ribuan hadirin.

Irwandi mengatakan bahwa Aceh masih memiliki banyak persoalan sehingga masih harus didukung dengan segala cara dan dana yang banyak. Bila tak memiliki dana yang cukup, sulit bagi Aceh untuk bangkit.

Dalam kesempatan itu, Irwandi mengatakan, Presiden Jokowi serius membangun Aceh. “Bapak Presiden sudah menyampaikan kepada saya bahwa beliau memiliki komitmen yang tinggi untuk membangun Aceh,” ujar Irwandi. []