Ini Buku Disarankan Jadi Rujukan untuk Banda Aceh

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Pang Ulee Komandan Al-Asyi, Tuanku Warul Waliddin menyatakan akan merekomendasikan Buku Ragam Citra Kota Banda Aceh kepada Walikota Baru Banda Aceh dan Gubernur Aceh Baru.

Pernyataan itu dikemukakan dalam kegiatan Bedah Buku berjudul Ragam Citra Kota Banda Aceh karya Dr. Kamal A. Arif yang berlangsung sore tadi di Aula PascaSarjana UIN Ar Raniry.

Dalam acara bedah buku yang dihadiri langsung oleh penulis buku, juga hadir pembedah Dr.Husaini Ibrahim (Arkeolog dan Sejarwan Aceh) dan Tarmizi Hamid (Kolektor Manuskrip Aceh) yang akrab disapa cek midi.

Acara yang di Gagas oleh Komandan Al Asyi bekerjasama dengan Senat Pascasarjana UIN Ar Raniry berlangsung penuh antusias oleh para peserta.

Dimoderatori oleh moderator lawas Qudus Husein acara bedah buku itu dipadati para mahasiswa Doktoral dan magister UIN Ar Raniry dan sejumlah peserta dari Unsyiah. Acara ini dinilai memberikan wawasan baru bagi para peserta akan citra Kota Banda Aceh yang sudah berusia lebih dari 8 Abad ini.

Acara yang dibuka oleh Prof. Syahrizal Abbas Direktur Pascasarjana UIN Arraniry disambut antusiasme peserta, termasuk antusias untuk mendapatkan buku yang dicetak di masa penghujung BRR NAD-Nias.

Hal yang paling menarik dadidiskusikan adalah mengenai dijadikannya pusat Peradaban Aceh yang dahulunya merupakan Tapak Istana Darul Makmur di Kampung Kande dan Kampung Jawa sebagai tempat TPA pembuangan akhir yang kemudian 2015 hingga 2017 dianggarkan project IPAL (Instalasi Pembuangan Air Limbah).

Ketua Panitia Arief Alghazali menyebutkan acara ini digagas untuk memperkenalkan Kota Banda Aceh yang terus berubah era dan masanya sejak dari masa pra kesultanan, masa kesultanan, masa kolonial hingga masa bergabungnya Aceh di bawah NKRI.

Prof. Syahrizal Abbas dalam sambutan pembukaanya juga menyebutkan mendukung penuh kegiatan KOMANDA AL Asyi dalam rangka mengembalikan jati diri generasi Aceh di masa yang akan datang. []

KOMENTAR FACEBOOK