Diduga Ilegal, Lanal Lhokseumawe Amankan 25 Ton Bawang

ACEHTREND.CO, Lhokseumawe – Sebanyak 25 ton bawang merah asal Malaysia yang diduga ilegal berhasil diamankan oleh Personil Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Lhokseumawe,Selasa (8/8/2017) sekira pukul 02.00 WIB. Kapal pengangkut bawang tersebut ditemukan tanpa ABK dan diangkut dengan KM Bahtera 99 ke Alur Kuala Jambo Aye, Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara.

Komandan Lanal Lhokseumawe, Letkol Laut M Sjamsul Rizal kepada wartawan mengatakan, kapal tersebut ditemukan kandas oleh anggota intelijennya.

Kemudian dilakukan pemeriksaan awal di laut oleh KAL Bireuen Lanal Lhokseumawe, ternyata di kapal tersebut tidak ditemukan ABK.

“Saat kita lakukan pemeriksaan kapal, tidak ditemukan ABK dan dokumen. Namun kita berhasil mengamankan bawang yang diduga ilegal sebanyak lebih kurang 25 ton. Diduga kapal tersebut melakukan tindak ilegal kepabeanan impor bawang merah,” ungkapnya.

Rizal juga menambahkan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan lanjutan dan akan memproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

Menurutnya, kapal itu akan disandarkan terlebih dahulu di Posal Krueng Geukuh, Kecamatan Dewantara.

“Rencananya, bawang-bawang ini akan dibawa ke kantor Bea Cukai Lhokseumawe, selanjutnya akan dibuat pengumuman. Jika tidak ada yang mengakui, pihak berwenang akan memusnahkan atau melelang bawang tersebut,” tegasnya.[]

KOMENTAR FACEBOOK