Pemuda Asal Gandapura Ditangkap Bawa 10 Kg Sabu

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Personel Khusus Direktorat Reserse Narkoba (Dit Resnarkoba) Polda Aceh berhasil menciduk seorang remaja bersama 10 kilogram narkotika jenis sabu di Gampong Meunasah Pulo, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (12/8/2017) sekitar pukul 15:00 WIB.

Remaja itu adalah KA (21) warga Gampong Mon Jeureujak, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Goenawan mengatakan, ihwal penangkapan tersebut berawal pada Jumat (4/8/2017) sekira pukul 06:00 WIB.

Saat itu pihaknya mendapat informasi dari seseorang bahwa pada Kamis pukul 03:00 WIB ada narkotika jenis sabu yang turun di daerah Aceh Timur.

“Menindaklanjuti laporan tersebut, personel tim khusus Dit Resnarkoba Polda Aceh melakukan penyelidikan atas info tersebut di wilayah Aceh Timur,” kata Goenawan pada AceHTrend, Senin (14/8/2017).

Kemudian, pada Senin, 7 Agustus 2017 tim melakukan undercover buy (menyamar sebagai pembeli) dan memesan lima kilogram sabu. Namun pemilik sabu F (DPO) meminta transfer uang sebanyak Rp 150 juta untuk tanda jadi.

Namun karena tim tidak mau menyanggupin sehingga transaksi batal.

Selanjutnya pada Rabu 9 Agustus 2017 terjadi kesepakatan kembali sesuai dengan yang disepakati oleh F sehingga personel diarahkan oleh F agar menunggu di jembatan Ara Kundo Kabupaten Aceh Timur.

Namun kemudian, diarahkan kembali ke wilayah Idi Cut Aceh Timur untuk melihat sabu tersebut, selanjutnya Bripka T Fandy dan Briptu Haris bertemu dengan seseorang kepercayaan F dan diperlihatkan sabu sebanyak satu kilogram, namun karena kesepakatan lima kilogram namun yang nampak hanya satu kilogram sehingga transaksi dibatalkan.

“Setelah Jumat pukul 10:00 WIB terjadi kesepakatan lagi untuk transaksi di daerah Lhokseumawe namun ditunggu oleh tim sampai pukul 23:00 WIB tidak terjadi kesepakatan maka transaksi dibatalkan kembali,” katanya.

Kemudian, Sabtu 12 Agustus 2017 pukul 07.00 WIB tim kembali mendapat telpon dari F dan kesepakatan transaksi terjadi lagi.

Selanjutnya, sekira pukul 15:00 WIB dilakukan transaksi di daerah Meunasah Pulo Kecamatan Sawang Aceh Utara, maka pada saat itu pula dilakukan penggerebekan dan penangkapan terhadap tersangka KA yang merupakan orang suruhan F.

Dari hasil penangkapan, tim juga mengamankan barang bukti berupa sepuluh kilogram sabu dan sebuah sepeda sepeda motor Vario dan tiga handpon.

“Dari hasi introgasi KA diketahui bahwa barang tersebut diambil di jalan elak tepatnya di pinggir jalan dekat tiang listrik.

“Menurut KA, sesampai di tempat tersebut dirinya bertemu dengan orang kepercayaan F di atas sepeda motor, orang tersebut memakai helm dan menanyakan pada KA apakah ini yang sepuluh kilogram?,” kata Goenawan.

Dijawab KA “iya” selanjutnya langsung diserahkan tas yang berisi sabu tersebut yang kemudian barang haram itu dibawa olehnya untuk dilakukan transaksi dengan personel Ditresnarkoba Polda Aceh.

“Hasil pengembangan, tim melakukan penangkapan terhadap seseorang kepercayaan F yang memberikan barang kepada kepada KA, namun sampai saat ini belum terungkap dan memerlukan pendalaman lebih lanjut,” katanya. []