Melirik Kinerja Disdagperinkop dan UKM Aceh Selatan

ACEHTREND.CO, Tapaktuan – Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM (Disdagperinkop dan UKM) Aceh Selatan yang terletak di Jln. Hamzah Fansuri, Gampoeng Jamboe Apa Kecamatan Tapaktuan, sedikit tidaknya sudah bekerja semaksimal mungkin. Hal tersebut diungkapkan Muallimin,SE selaku Kadis Disdagperinkop dan UKM yang didampingi Kabid Perdagangan Saipul Rahman,SE, Senin (14/8) diruang kerjanya.

Kepada aceHTrend, Muallimin menyebutkan, Dinas yang membidangi perdagangan, perindustrian, koperasi dan Usaha kecil menengah ini sudah banyak memberikan manfaat untuk pelayanan kepada masyarakat, hal itu dibuktikan dengan pelaksanaan kegiatan perbaikan, pembangunan, revitalisasi serta penataan lingkungan pasar  yg ada dalam kabupaten aceh selatan pada tahun ini terus dilakukan.

“Alhamdulillah Dinas ini sudah memberikan yang terbaik untuk masyarakat, namun demikian, masih banyak PR yang harus kami kerjakan,” ujar Muallimin.

Berkaitan dengan Pasar, Muallimin menyebutkan, sedikit tidaknya ada 32 buah pasar di Aceh Selatan yang menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat yg berprofesi sebagai pedagang. Dari jumlah yang begitu besar ini, ada pasar-pasar prioritas yang harus kita perbaiki, kita bangun dari dasar, kita renovasi,  kita tata lingkungannya dan kita fungsikan.

“kita mulai dari labuhan Haji Barat, ada satu pasar yang dibangun pada tahun 2010 dan pada tahun ini akan kita fungsikan sebab selama ini lingkungannya belum tertata, selanjutnya di Labuhan Haji Timur, dan Pasar 3 tingkat di Meukek yang masih dalam masa perbaikan. Insya Allah akan kita fungsikan diakhir tahun ini” Kata Muallimin.

Selanjutnya, sambung Muallimin, Pasar rakyat dikecamatan Sawang, pasar itu merupakan program Presiden Jokowi dalam membangun 1000 Pasar di Indonesia.

“Alahamdulillah Aceh Selatan mendapatkan alokasi anggaran dari Apbn tahun 2017 ini,  dan sekarang dalam masa pekerjaan, Insya Allah segera difungsikan” Ungkapnya

Selain itu, ada beberapa Pasar dikawasan Pasie Raja yaitu pasar rakyat ladang tuha,  pasar rakyat kota fajar kluet utara yg sedang dalam masa pembangunan dan sanitasi serta pasar ruak juga di kluet utara dan pasar rakyat ujung tanah kecamatan trumon juga masih dalam masa perbaikan dan penambahan bangunan, direncanakan, dalam waktu dekat semua pasar akan difungsikan.

“Untuk Pasar Kota Tapaktuan, kita terus upayakan perbaikan, baik bangunan maupun penataan lingkungannya” sebutnya.

Dari data yang diperoleh aceHTrend dari Dinas terkait, pembangunan Pasar Tapaktuan bersumber dari APBN tahun Anggaran 2015 dan 2016 sebesar lebih kurang 16 Milyar, sedangkan untuk penataan lingkungan, bersumber pada APBA RP 2 Milyar dan APBK tahun 2017 sebesar Rp. 1 Milyar.

Dibidang perindustrian, Muallimin menyebutkan, pihaknya sedang mewacanakan pembangunan Sentra IKM yang menyangkut dengan Pala disalah satu Desa yang ada di Kecamatan Meukek.

“DED-nya sudah kita siapkan, dan itu langsung disusun oleh tim ahli dari Kementerian perindusterian  nanti pala itu akan kita olah secara teknis sehingga bisa kita olah aneka produk berbahan dasar pala,  seperti balsem pala, minyak pala,  fresh care aroma pala dan lain sebagainya,” sebut Muallimin.

Untuk Koperasi dan UKM, Disprindakop Aceh Selatan terus membenah dan membina masyarakat yang tergabung dalam koperasi. 

“Alhamdulillah Koperasi di Aceh Selatan lebih kurang ada sekitar 405 buah koperasi, dalam hal ini kita terus membina dan mengelola Koperasi dengan baik, meskipun ada beberapa Koperasi harus kita bubarkan, sebab tidak sesuai dengan ketentuan Koperasi. Dan ada juga koperasi yang kita berikan riward, sebab kepatuhan Koperasi dalam menjalankan manajementnya” Sebut Muallimin.

Dikatakan Muallimin, pekerjaan yang dilakukan oleh Disprindakop terkait program jangka panjang ini, tidak terlepas dari dukungan Bupati Sama Indra dalam memberikan kepercayaan terhadap Dinas untuk bekerja.

“Pak Bupati sangat mendukung dengan program jangka panjang, beliau sering menyebutkan kepada kami dengan istilah pembangunan berkelanjutan. Dulu anggaran untuk pembangunan Pasar terbatas, tapi berkat kerja keras beliau dalam melobi anggaran APBN kepusat dan berkat perolehan WTP sebanyak dua kali, kita bisa menggunakan anggaran DID tersebut untuk pembangunan dan perbaikan Pasar, tentu ini menjadi sebuah kebanggaan kita untuk Pak Bupati, dan kita doakan semoga pak bupati terus diberi kesehatan sehingga dapat terus berbuat untuk aceh selatan Terdepan,” demikian dikatakan Muallimin.[]

KOMENTAR FACEBOOK