Sembilan Ruko di Montasik Dilalap Sijago Merah

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Sebanyak sembilan unit toko berkonstruksi papan dan semi permanen di Jalan Banda Aceh – Medan Cot Gueh Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh terbakar sekira pukul 19.00 WIB, Kamis (17/8/2017).

Operator Pusat Data dan Informasi Dinas Pemadam Kebakaran Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh Yudi mengatakan, adapun pertokoan berkonstruksi papan dan semi permanen yang terbakar itu adalah dua pintu toko kelontong milik H.Mukhtar (60), satu pintu toko apotik milik Mahdan (40), satu pintu toko kain milik Amelia (35), tiga pintu toko bangunan milik Azhar (35), usaha pangkas milik Cutli (33) dan usaha jual gorengan milik Iskandar (50).

Menurut Yudi, api yang menghanguskan pertokoan di kawasan Cot Gueh berawal itu berasal dari salah satu kedai atau toko kelontong yang terbakar dan kemudian menjalar ke toko penjual tabung gas di sebelahnya.

“Melihat kebakaran itu, masyarakat di sekitar lokasi membantu upaya pemadaman api namun tidak berhasil dan api semakin membesar menjalar ke toko berikutnya yaitu toko penjualan tabung gas,” ujar Yudi, Kamis (18/8/2017).

Selanjutnya, kata Yudi, masyarakat tidak lagi berani mendekati api yang semakin membesar dan beberapa warga menghubungi Polsek Montasik dan selanjutnya menghubungi pihak pemadam kebakaran.

“Selanjutnya kami mengerahkan dua unit armada pemadam yaitu 010 dan 06 dan 1 unit Ambulan P2KK Aceh dan tujuh armada pemadam kebakaran Kabupaten Aceh Besar yang sudah ada di lokasi kejadian, ” katanya.

Menurutnya, pada saat pemadaman berlangsung turut didukung oleh petugas Kepolisian dari Polsek Montasik yang diback Up Personil Polres Aceh Besar dan Koramil setempat untuk pengamanan lokasi kejadian serta anggota RAPI Kota Banda Aceh dan Aceh Besar melakukan bantuan komunikasi dan pengaturan lalu lintas di sekitar area lokasi kebakaran.

“Sekira Jam 19.40 WIB, api baru dapat dipadamkan dan selanjutnya melaksanakan upaya pendinginan,” katanya. []

KOMENTAR FACEBOOK