Meriahnya Karnaval HUT RI ke-72 di Kutaraja

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Ribuan peserta karnaval yang terdiri dari pelajar, pegawai pemerintahan, pegawai pemerintahan swasta, TNI, Polri, serta komunitas masyarakat dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) ikut ambil andil dalam memeriahkan HUT RI Ke-72, Sabtu (19/8/2017).

Ribuan peserta karnaval yang mewakili intansi dan lembaga masing-masing terlihat begitu antusias meski sejak pagi matahari mulai menyengat.

Amatan AceHTrend, para peserta karnaval dibagi dalanm dua kelompok, peserta yang menggunakan pakaian adat dari seluruh suku di Indonesia diikuti oleh pelajar dari sekolah tigkat dasar hingga pelajar sekolah menengah.

Sementara mobil hias diikuti oleh para pegawai dari seluruh dinas dilingkup Pemerintah Aceh, TNI, Polri, BUMN/BUMD, Ormas, dan Pemerintah Kota Banda Aceh.

Kapendam IM Kolonel KAV Rusdi mengatakan, rute yang ditempuh oleh para peserta karnaval terbagi dalam dua jalur, untuk peserta mobil hias mengambil rute start dari Lapangan Blang Padang ke Pendopo Gubernur Aceh hingga kawasan Masjid Raya Baitturrahman.

Kemudian, peserta menuju ke arah Jemabatan Pante Pirak, Bundaran Simpang Lima menuju Simpang Mesra Lamnyong, kemudian berputar ke Simpang Lima hingga kembali ke Lapangan Blang Padang.

Hal yang sama juga untuk peserta pawai budaya, yaitu start dari Lapangan Blang Padang, namun mereka berjalan kaki hingga ke jalur bundaran Simpang Lima, kemudian berbelaok ke arah Markas Kodam Iskandar Muda menuju kawasan Rex Peunayong.

“Kemudian tembus ke Jalan Tentara Pelajar di Kawasan Merduati dan lurus menuju arah Jalah K.H Ahmad Dahlan, dan kembali ke Lapangan Blang Padang, depan Pendopo Walikota Banda Aceh,” katanya. []