Rumah Rustam Efendi Mak Loh Dilalap Sijago Merah

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Satu unit rumah berkonstruksi kayu Jalan Utama, Lorong Makmur, Gampong Pango Raya, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh, Senin (21/8/2017) sekitar pukul 08.30 WIB ludes terbakar.

Rumah tersebut adalah milik almarhum Husen yang dihuni oleh anaknya, Rustam Efendi (55), Kepala Dusun di Gampong Pango Raya.

Operator Pusat Data dan Informasi Dinas Pemadam Kebakaran Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh Yudi mengatakan, peristiwa nahas itu berawal saat isteri almarhum Husen bernama Mak Loh (70) hendak melaksanakan shalat dhuha, tiba tiba ia melihat api dari dalam salah satu ruangan di rumahnya.

Kemudian, Mak Loh segera meminta bantuan kepada warga sekitar dan tetangga untuk memadamkan api dengan air seadanya.

“Selanjutnya masyarakat yang berada di lokasi menghubungi kantor DPKP Kota Banda Aceh sekitar jam 08.50 WIB melalui nomor Emergency 0651 44123 melaporkan ada kejadian kebakaran, ” kata Yudi saat dikonfirmasi AceHTrend.

Kemudian, katanya, DPKP Kota Banda Aceh mengerahkan armada pemadam lima unit armada pemadam kebakaran dan satu unit armada suplai serta satu unit armada P2KK Aceh ke lokasi kejadian.

Menurut Yudi, saat pemadaman berlangsung turut dibantu oleh petugas kepolisian dari Polsek Ulee Kareng yang di Back Up oleh Personil Polresta Banda Aceh dan Koramil serta anggota RAPI Kota Banda Aceh dan RAPI Aceh Besar.

“Sekitar pukul 10.00 WIB, api dapat dipadamkan,” katanya.

Menurut Yudi, dari informasi yang diperoleh pihaknya, barang-barang yang ikut terbakar di dalam rumah di antaranya satu unit Honda Beat BL 6202 JL, tiga unit sepeda , surat penting lainnya dan tujuh puluh karung raskin yang belum disalurkan kepada masyarakat serta seluruh isi rumah.

“Emas 20 mayam yang disimpan dapat diselamatkan. Kebakaran itu tidak ada korban jiwa,” katanya. []

Ralat: Awalnya dalam berita ini disebutkan bahwa rumah yang terbakar adalah kediaman Rustam Effendi, dosen ekonomi Universitas Syiah Kuala. Atas kekeliruan kami ucapkan permohonan maaf.

KOMENTAR FACEBOOK