Jalan Dari Subulussalam Menuju Empat Kecamatan Terputus

ACEHTREND.CO, Subulussalam–Ruas jalan provinsi yang menghubungkan Kota Subulussalam menuju Kecamatan Runding, Longkib, Singkohor, dan Kota Baharu, pagi ini, (16/9/2017) terputus.

Terputusnya jalan itu, lantaran jembatan bailey Sikalondang mulai dibongkar. Demikian laporan, Saruddin Berutu kepada AceHTrend, Sabtu (16/9).

Namun sayangnya, tambah Sarudin, pembongkaran jembatan Sikalondang, tidak diiringi dengan pembuatan jembatan darurat dan pemberitahuan sebelumnya.

Akibatnya, sejumlah pengendara kecewa dan kesal. Mereka tidak bisa lewat. Warga yang berpergian terhambat. Empat kecamatan menjadi terisolir.

Sejumlah anak sekolah dan warga lainnya pun tidak bisa melewati jalan dan melaksanakan aktivitas mereka.

“Siang kemarin saya lewat jembatan masih bagus. Pagi ini mau ke sekolah, mengajar. Jembatannya  sudah putus karena dibongkar. Tak bisa dilewati,” ucap Sarudin Berutu seorang guru yang berdomisili di Penanggalan, Subulussalam dan mengajar di Singkohor, Aceh Singkil.

Jalan alternatif, kata Sarudin, memang ada. Melalui Desa Bakal Buah,  tapi memutar dan jarak tempuhnya relatif jauh.

Kepala Jembatan Miring

Beberapa warga menyebutkan, sebelum jembatan bailey yang berada di dekat tanjakkan Desa Sikalondang itu dibongkar, kondisinya telah miring dan terancam ambruk.

“Ini terjadi, akibat tebing tanah pada kepala jembatan runtuh tergerus air. Apalagi beberapa hari ini, hujan sangat lebat menguyur Kota Subulussalam,” tukas Suyatno seorang sopir warga Sikalondang.

Warga lainnya menambahkan, kerusakan jembatan diperparah lagi, karena acap dilintasi kendaraan bertonase tinggi.

Mobil tangki pengangkut minyak kelapa sawit mentah (CPO) dan truk pengangkut Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit, selalu berselewaran di jembatan itu.

“Apa nggak cepat rusak. Padahal kekuatan jembatan, maksimal tiga ton,” pungkas Syarial warga Subulussalam.

Sampai sekarang, warga belum tahu pihak mana yang membongkar jembatan.

Karena di lokasi jembatan tidak ada terpasang papan nama proyek yang membangun jembatan. Di sana hanya terlihat satu unit excavator[]

KOMENTAR FACEBOOK