Cerita Pemilihan Rektor Unsyiah Tempo Doeloe

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Ternyata pemilihan Rektor Universitas Syiah Kuala tempo doeloe punya kisah yang bisa disebut “aneh tapi nyata.”

Hal itu karena calon terpilih tidak diangkat sebagai pimpinan atau rektor Unsyiah. “Justru yang ditetapkan sebagai rektor adalah yang kalah dalam pemilihan.”

Kejadian yang tidak pernah terjadi di dunia itu diceritakan oleh Prof Syamsudin Mahmud, mantan calon rektor Unsyiah dua kali.

“Begitulah kisah dahulu, ” katanya di acara Deklarasi Pencalonan Diri Dr. dr. Syahrul. Sp. S (K) sebagai Calon Rektor Unsyiah di Hermes Hotel, Senin (16/10).

Dikisahkan, pada masa Ibrahim Hasan, ada dua calon rektor, dirinya dan Abdullah Ali. Tapi, oleh Ibrahim Hasan hasil pemilihan di Unsyiah tidak diumumkan, dan yang dilantik kemudian adalah Abdullah Ali.

“Sampai saat ini tidak ada yang tahu siapa yang menang,” sebut mantan Gubernur Aceh.

Lebih lanjut, kisah serupa kembali terjadi pada pemilihan rektor berikutnya dimana dirinya kembali menjadi calon bersama Abdullah Ali.

“Dari hasil pemilihan, saya menang, namun oleh menteri Fuad Hasan, yang ditetapkan adalah Abdullah Ali,” tambahnya.

Sebelumnya, Samsunan Mahmud juga bercerita bahwa hal yang sama juga pernah terjadi pada masa Presiden Soekarno.

Khusus untuk Aceh, Soekarno meminta dirinya yang menetapkan siapa yang menjadi rektor. Di Aceh yang menang adalah Syamsudin Ishak, tapi yang ditetapkan adalah Marzuki Nyakman sebagai ketua presidium.

Selanjutnya, Unsyiah dipimpin oleh Drs. A. Madjid Ibrahim; Prof. Dr. Ibrahim Hasan, MBA; Prof. Dr. Abdullah Ali, M.Sc, Dr. M. Ali Basyah Amin, MA, Prof. Dr. Dayan Dawood, MA; Prof. Dr. Ir. Abdi A. Wahab, M.Sc, Prof. Dr. Darni M. Daud, MA, dan Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng.

Bertempat di Hermes Hotel, Dr. dr. Syahrul. Sp. S (K) menyampaikan pandangannya tentang masa depan Unsyiah, dan menegaskan kesediaan dirinya untuk mewakafkan diri untuk membawa Unsyiah menjadi universitas kelas dunia.

Di akhir sambutan, Syamsudin Mahmud mengajak alumni Unsyiah untuk bersatu mendukung pemajuan Unsyiah. []

KOMENTAR FACEBOOK