Ingin Jadi Pengurus HMP PAI UIN Ar-Raniry? Anda Wajib Hafal 1 Juz Alquran

Arinal Fikri

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Organisasi Himpunan Mahasiswa (HMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry mewajibakan seluruh pengurusnya untuk menghafal Alquran selama menjabat dalam kepengurusan.

Ketua HMP PAI Arinal Fikri mengatakan, penerapan syarat diterima dalam kepengurusan ini bertujuan untuk menyiapkan calon-calon pemimpin qurani di masa depan.

“Di samping sebagai calon pemimpin, kita sebagai calon pendidik anak bangsa, maka harus mampu membaca Alquran dengan baik dan benar. Maka kami syaratkan seluruh struktur kepengurusan untuk hafal Alquran minimal 1 juz selama periode kepemimpinan,” ujarnya di Banda Aceh, Rabu (29/11/2017).

Arinal juga menjelaskan, organisasi HMP PAI adalah organisasi yang berkontribusi kepada jurusan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan mahsiswa dan akreditasi jurusan. Direncanakan, kata Arinal, pelantikan pengurus HMP PAI Periode 2017-2018 akan berlangsung pada tanggal 5 Desember 2017 di Aula Fakultas Tarbiyah.

Seluruh pengurus HMP PAI, kata Arinal, berjumlah sebanyak 72 orang yang terdiri dari beberapa bidang orgasniasi, seperti bidang agama, pendidikan olahraga, kesenian, keputrian, kesekretariatan, humas, dan infokom. Dan mereka ini, tambah Arinal, adalah orang orang yang terpilih dari ratusan orang yang mendaftar.

“Pengurus HMPI PAI akan dilantik oleh pengurus Dema FTK UIN ar-Raniry. Proses pelantikan akan dihadiri, jajaran dekan, ketua program studi, sekretaris prodi, para dosen, alumni , pimpinan HMP lintas generasi, pimpinan HMP seluruh FTK, Dema, Sema serta perwakilan mahasiswa setiap unit, “ jetas Arinal.

Arinal menambahkan, pihaknya sangat berharap kepada seluruh organisasi himpunan mahasiswa lainnya, terkhusus HMP di FTK UIN juga bisa menerapkan sistem mnghfal alquran selama kepengurusan.

“Sebab, sudah seharusnya sebagai mahasiswa UIN Ar-Raniry yang rindu akan sosok kepemimpinan yang menerapkan sistem qurani dalam ruang lingkup keorganisasian,” katanya. []

KOMENTAR FACEBOOK