Ketua PWI Aceh: Perkembangan Media Cyber Mengalahkan Media Cetak

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Perkembangan media cyber di seluruh dunia sangat pesat, sudah mengalahkan media cetak. Oplah media cetak kini sudah menurun hingga 50 persen.

Penilaian itu disampaikan Tarmilin Usman, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh pada Pelatihan Managemen Wartawan Cyber, Aceh Hotel, Rabu (29/11).

“Perkembangan dan pengaruh media cyber tidak bisa dihambat. Kita tidak mungkin melawan perkembangan teknologi,” sebut Tarmilin.

Hanya saja, dalam pantauannya, publik masih belum bisa membedakan mana media cyber dan mana media sosial. Lebih dari itu, diakuinya bahwa media cyber masih sulit mendapatkan iklan.

“Untuk itu, media cyber mesti memperhatikan sertifikasi wartawannya mengikuti standar yang ditetapkan oleh Dewan Pers, bergabung dalam organisasi perusahaan media cyber seperti SMSI agar bisa diperjuangkan, termasuk dalam hal memungkinkan untuk mendapatkan iklan yang lebih adil, tidak seharga sepotong kue,” jelasnya.

Tarmilin Usman juga menyampaikan kepercayaannya kepada Pemerintah Aceh untuk menjalin kemitraan dan dukungan kepada media cyber.

Terakhir Tarmilin mengajak kepada seluruh pengelola media cyber untuk mengelola media cyber secara sungguh-sungguh. “Jangan cilet-cilet,” pinta Tarmilin. []

KOMENTAR FACEBOOK