Menpar Sebut Sail Sabang 2017 Terbesar di Indonesia dan Harus Sejahterakan Masyarakat

ACEHTREND.CO, Sabang – Menteri Parawisata mengharapkan Perhelatan Sail Sabang 2017 menjadi yang terbesar di Indonesia dan bisa mensejahterakan masyarakat di kepulauan itu.

“Sail Sabang 2017 kali ini tercatat menghadirkan peserta terbanyak jika dibandingkan delapan sail sebelumnya, yang mencapai sekitar 20.000 peserta, di mana 15% atau 3.000 orang di antaranya adalah wisatawan mancanegara,” kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya, saat menggelar konferensi pers di hadapan para jurnalis di Media Center Sail Sabang 2017 (30/11/2017) kemarin.

Selain itu, ia menyebutkan akan ada dua kapal tinggi (tall ship) dari Indonesia yang akan singgah di Pelabuhan CT3 Sabang dan bisa dikunjungi oleh warga sekitar, yaitu kapal latih untuk para taruna Indonesia, KRI Dewaruci, serta yang terbaru adalah KRI Bima Suci. Selain dua KRI tersebut, akan ada satu tall ship lagi dari Malaysia yang juga akan singgah dan memeriahkan
Sail Sabang.

Pada kesempatan yang sama, Menpar juga menekankan kembali pesan yang sempat disampaikan Presiden RI Joko Widodo bahwa gelaran sail seperti ini tidak boleh hanya berhenti di tahap seremonial.

“Sail kali ini harus mampu memberikan dampak nyata melalui peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat Sabang,” tegasnya.[TA]