Irwandi Minta Restu JK Untuk Pembukaan Rute Penerbangan Banda Aceh -Tokyo

Gubernur Aceh Irwandi Yusuf saat Pembukaan Sail Sabang (Foto: humas Pemerintah Aceh)

ACEHTREND.CO, Banda Aceh -cGubernur Aceh Irwandi Yusuf, meminta agar Wakil Presiden Republik Indonesia untuk merestui permintaan pembukaan rute penerbangan dari Banda Aceh – Tokyo. Penerbangan langsung itu nantinya akan menjadi jalur udara ekspor tuna dari Aceh ke negeri sakura itu.

“Kepada Pak Wapres, mohon agar jalur penerbangan langsung dari Banda Aceh – Tokyo bisa untuk dibuka,” kata Irwandi saat acara pembukaan Sail Sabang 2017 di Pelabuhan Terminal Jety CT 3 BPKS Sabang, Sabtu 2 Desember 2017.

Selain meminta pembukaan jalur udara, Irwandi juga meminta kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Puji Astuti dan Menteri Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan untuk menjadikan Banda Aceh dan Sabang sebagai pelabuhan maritim untuk ekspor perikanan.

“Dengan demikian ekspor dari Aceh tidak lagi dibawa ke Belawan Medan,” ujar Irwandi.

Apa yang diminta Irwandi atas dasar ekonomi kelautan Aceh yang sangat besar namun belum dimanfaatkan secara maksimal. Lebih dari separuh wilayah Aceh adalah lautan.

Dengan dijadikan dua kota itu sebagai pelabuhan maritim, akan meningkatkan arus investasi di Aceh
Selain itu, Irwandi menyebutkan pihaknya akan merevitalisasi sarana prasarana pelabuhan di berbagai daerah di Aceh. Sejauh ini, kata Irwandi, banyak pelabuhanyang masih kurang memenuhi standard pelabuhan internasional.

Jika pelabuhan khususnya di Banda Aceh dan Sabang bisa dirivitalusasi berstandar internasional, Irwandi yakin, di tahun 2020, dua kota itu akan menajadi salah satu kota tuna dunia.

“Kami meminta agar pembangunan infrastrutur bandara, pelabuhan dan jalan bisa dilakukand I Aceh untuk mendukung perikanan, bahari dan sector wisata di Aceh,” ujar Irwandi. []