Besok Hakim Putuskan Berhijab Tidakkah Cut Meutia di Uang Kertas Rp 1000

Gambar Cut Mutia di uang 1000 yang digugat Asrizal (Foto: WikipediA)

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat dijadwalkan akan menggelar sidang putusan atas gugatan yang diajukan oleh Anggota DPR Aceh, Asrizal H Asnawi, Senin 11 Desember 2017, pukul 10.00 WIB, besok.

Sebagaimana diketahui, Asrizal yang juga Ketua Fraksi PAN itu menggugat gambar salah seorang pahlwan perempuan Aceh, Cut Meutia, tanpa hijab pada uang kertas Rp 1.000 ke PN Jakarta Pusat melalui kuasa hukumnya, Safaruddin SH dari Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA).

“Saya memohon dukungan dan doa dari rakyat Aceh agar hasil yang didapatkan besok seperti yang diharapkan,” kata Asrizal saat bincang-bincang dengan aceHTrend di salah satu warung kopi di Banda Aceh, Minggu (10/12/2017).

Kepada hakim, Asrizal berharap agar dalam memutus gugatan yang dijukannya tersebut melihat dan mempertimbangkan azas manfaat. Karena dampak dari putusan tersebut dinilai sangat berpengaruh terhadap penegakan syariat Islam di Aceh.

Oleh karena itu, dia menegaskan, selama putusan hukum nantinya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, maka dirinya bersama kuasa hukumnya akan terus melakukan upaya hukum. “Hingga kita menemukan keputusan yang seperti diharapkan, “katanya.

Asrizal mengaku sangat yakin, bahwa gambar Cut Meutia di uang kertas Rp 1000 itu bukanlah gambar asli sang pahlawan. Untuk itu, dia meminta agar pihak manapun yang ingin menampilkan gambar pahlawan perempuan asal Aceh harus mempertimbangkan nilai-nilai syariat Islam yang sedang berlaku di Aceh.

” Karena tidak mungkin pejuang di jalan Allah itu tanpa menutup aurat (hijab),” katanya. []