Tiga Unit Rumah di Gampong Pineung Terbakar

Kebakaran di Gampong Pineung (Foto: PSDKP Kota Banda Aceh)

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Tiga unit rumah di Jalan Tengku Chik Dipineung Tengah, Gampong Pineung, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, sekira pukul 16.55 WIB dialap si jago merah.

Ke tiga rumah tersebut adalah milik Marludin A. Jalil (60) pensiunan di Departemen Agama, rumah milik Mursal (36) wiraswasta dan rumah Biro Walideng (34) Dosen di Faklultas Mipa Unsyiah.

Yudi, petugas lapangan dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh mengungkapkan, kebakaran tersebut pertama kali diketahui oleh Mursal (korban kebakaran rumah) bersama keluarga yang sedang berada di rumahnya yang mencium bau sangit.

“”Kemudian, dia mencari asal bau tersebut di sekitarnya dan didapati di belakang rumahnya dari salah satu ruangan terlihat api dan asap berasal dari rumah Birul Waliden yang kebetulan kosong karena sedang pulang ke kampung halamannya di Bereun. Sementara dua sanak familinya yang menempati rumah Birul sedang tidak berada di rumah.

Selanjutnya Mursal memberitahukan kepada tetangga lainnya, kemudian para tetangga saling bahu-membahu berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Sementara warga lainnya menghubungi pihak pemadam kebakaran.

“Sekitar jam 17.18 WIB PSDKP Kota Banda Aceh langsung mengerahkan enam unit armada pemadam kebakaran ke lokasi. Namun ternyata, api sudah membakar rumah Marludin A Jalil dan Mursal.

Pada saat pemadaman berlangsung, katanya, turut dibantu oleh petugas Kepolisian dari Polsek Syiah Kuala di Back Up Personil Polreta Banda Aceh dan Koramil setempat, serta anggota RAPI. ”Api baru bisa dipadamkan sekira Jam 18.20 WIB,” katanya. []